Pedagang Pasar Senen Dibolehkan Lihat Kios, Senin Depan

Asap masih pekat di sekitar Pasar Senen pasca kebakaran
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace

VIVA.co.id – Sejumlah pedagang di Blok I dan II Pasar Senen, Jakarta Pusat terlihat banyak yang hendak meninjau langsung kios mereka, Jumat, 20 Januari 2017. Namun mereka belum dibolehkan lantaran kondisi gedung masih berbahaya usai kebakaran kemarin.

KAI Tebar Diskon 20 Persen Tarif Tiket Kereta Api Usai Lebaran, Ini Daftarnya

Menurut seorang petugas keamanan gedung Pasar Senen, Bagus JB, pihak pengelola, yakni PT Pembangunan Jaya mengizinkan para pedagang untuk meninjau langsung kiosnya  pada Senin, 23 Januari 2017. Sebab, hari ini kondisi masih belum stabil. Apalagi, masih ada beberapa titik api yang menyala hingga sore ini.

"Pengelola mengizinkan untuk masuk hari Senin. Maka diimbau untuk tidak masuk sekarang, tapi hari Senin," ujarnya di lokasi, Jumat, 20 Januari 2017.

Tembus 47 Ribu Penumpang, KAI Prediksi Puncak Arus Mudik Mulai Hari Ini

Pantauan VIVA.co.id di lokasi, sejumlah pedagang itu terlihat berupaya mendekat ke dalam gedung. Namun hal itu dilarang aparat kepolisian dan petugas keamanan gedung yang berjaga di lokasi.

"Tolong ibu bapak jangan dulu mendekat. Ini bukan main-main, ini masih berbahaya karena belum tuntas," ujar Bagus.

Situasi Puncak Arus Mudik Stasiun Senen, 26.777 Orang Tinggalkan Jakarta

Mereka yang berupaya mendekat pun diarahkan untuk menjauh. Sebab, ditakutkan puing-puing gedung yang terbakar jatuh menimpa mereka yang mencoba masuk ke dalam gedung.

Di dalam gedung, terlihat petugas pemadam kebakaran masih membawa selang dan mencoba memadamkan titik-titik api yang masih ada di sana hingga sore hari ini. 

Terlihat dari luar, bagian dalam gedung hampir hancur seluruhnya akibat kebakaran. Rolling door tiap kios, dinding, hingga langit-langit di sana pun hancur akibat kebakaran.

"Itu lantai atas roboh, makanya berbahaya kalau mereka (pedagang) masuk sekarang," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya