Korban Kebakaran Pasar Senen Ditampung di Blok Lima

Pedagang Pasar Senen selamatkan barang .
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Atika Fauziyyah

VIVA.co.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan lokasi penampungan sementara untuk pedagang korban kebakaran besar di Blok I dan Blok II Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Tembus 47 Ribu Penumpang, KAI Prediksi Puncak Arus Mudik Mulai Hari Ini

Pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono, mengatakan pedagang korban kebakaran akan ditampung di area Pasar Senen, yakni di Blok V.

"Menggiring mereka ke tempat penampungan sementara di Blok V, lantai satu  dan lantai dua," kata Sumarsono di Balai Kota, Jumat, 20 Januari 2017. 

Situasi Puncak Arus Mudik Stasiun Senen, 26.777 Orang Tinggalkan Jakarta

Sumarsono menuturkan, lokasi penampungan sementara itu untuk tiga bulan ke depan masih mampu digunakan lebih dari 500 pedagang untuk berniaga. Seluruh korban kebakaran tidak akan dipungut biaya satu rupiah pun di lokasi penampungan sementara itu.

Selain merelokasi sementara pedagang, Pemprov DKI juga akan merevitalisasi lokasi kebakaran. Dan pedagang bisa kembali ke Blok I dan Blok II setelah dibangun kembali tanpa harus membayar uang kios. "Kami akan bangun gratis, dan bisa bangkit kembali," ujar Sumarsono. 

KAI Provides 480 Free Homecoming Tickets for April 2

Sementara itu, Wali Kota Jakata Pusat, Mangara Pardede, akan menginstruksikan PT. Pembangunan Jaya sebagai pengelola Blok I dan Blok II, agar segera mensosialisasikan rencana pemindahan tersebut kepada pedagang. Namun, ia mengimbau kepada pedagang untuk menerima kondisi penampungan sementara yang sudah disediakan. 

"Kalau kios mereka sebelumnya lebar enam meter, terus harus dapat kios enam meter. Minggu depan kita harapkan sudah ada pergerakan untuk mereka bisa dagang kembali," ujar Mangara. (ase)

Ilustrasi perlintasan kereta api

KAI Tebar Diskon 20 Persen Tarif Tiket Kereta Api Usai Lebaran, Ini Daftarnya

Promo berlangsung pada periode 15 sampai dengan 21 April 2024 untuk kereta api tertentu.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024