Api Terus Berkobar, Pasar Senen Bisa Roboh

Suasana kebakaran di Blok I dan Blok II Pasar Senen dilihat dari Atrium Senen, Jakarta Pusat, Kamis (19/1/2017).
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id – Pemadaman kebakaran di Pasar Senen, Jakarta Pusat, tak semudah yang diperkirakan. Sebab, kobaran api terus merambat ke area gedung yang belum terjilat api.

Tembus 47 Ribu Penumpang, KAI Prediksi Puncak Arus Mudik Mulai Hari Ini

Menurut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Subejo, kobaran api sudah melumat kios-kios di seluruh lantai I dan II yakni di blok 1 dan 2.

"Jadi kalau kita lihat itu blok I dan II lantai 1 dan 2 kemungkinan sudah terbakar semuanya. Dua lantai itulah yang sudah terbakar. Tadi sudah kuning, tapi merah lagi," ujar Subejo, Kamis 19 Januari 2017.

Situasi Puncak Arus Mudik Stasiun Senen, 26.777 Orang Tinggalkan Jakarta

Subejo menuturkan, saat ini upaya pemadaman terus dilakukan personel pemadam kebakaran. Selain itu, petugas juga harus mencegah agar api tidak menjalar ke blok 3.

"Kalau sampai masuk ke sana (blok 3), dalam hitungan detik bisa masuk dan merembet ke mana-mana," ucapnya.

KAI Provides 480 Free Homecoming Tickets for April 2

Ia juga tetap mengusahakan pemadaman dari dalam dengan menggunakan masker dan alat khusus. Namun, ia pun tetap mengutamakan keselamatan para anggotanya itu, mengingat gedung tersebut merupakan gedung lama, ditakutkan konstruksi bangunan roboh dan menimpa petugas yang masuk ke dalam.

"Mungkin kalau dekat dengan tiang aman. Tapi kalau tidak dekat tiang bisa roboh. Kalau materi bisa kita korbankan, tapi yang utama adalah keselamatan dari petugas," ujarnya. (ms)

Ilustrasi perlintasan kereta api

KAI Tebar Diskon 20 Persen Tarif Tiket Kereta Api Usai Lebaran, Ini Daftarnya

Promo berlangsung pada periode 15 sampai dengan 21 April 2024 untuk kereta api tertentu.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024