Relawan Anies-Sandi Gelar Rembug Rabuan di 267 Kelurahan

Cagub DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan Cawagub Sandiaga Uno saat debat perdana Pilkada pada Jumat, 13 Januari 2017.
Sumber :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Relawan dan tim pemenangan pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga, Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno melakukan Rembug Rabuan secara serentak, di 267 kelurahan se-Jakarta, Rabu, 18 Januari 2017 malam.

Tutup Usia, Ini Profil M Taufik yang Sukses Menangkan Jokowi-Ahok Hingga Anies-Sandi

Konsolidasi serentak itu untuk meningkatkan komunikasi dan memperkuat barisan. Hal tersebut merupakan salah satu cara tim pemenangan dan relawan Anies-Sandi untuk memenangkan Pilkada DKI Jakarta 2017.

Wakil Ketua Tim Media Center Anies-Sandi, Naufal Firman Yursak mengatakan, selain digelar serentak di 267 titik, acara Rembug Rabuan juga dilaksanakan di kediaman Anies di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Petinggi PKS Sebut Peluang Anies-Sandiaga Duet di Pilpres 2024 Kecil

"Bahkan di Pekayon, acara itu juga dihadiri mantan Komisioner KPK Bambang Widjojanto," kata Firman di Jakarta, Rabu, 18 Januari 2017.

Firman menambahkan, ada beberapa hal yang dibahas dalam Rembug Rabuan tersebut. Selain untuk sarana komunikasi antar relawan, juga meningkatkan koordinasi di antara simpul-simpul tingkat kelurahan.  "Tentu juga sekaligus memetakan suara untuk memenangkan Anies-Sandi," ujarnya.

Prabowo Bungkam soal Isi Perjanjian Anies-Sandiaga, Sufmi Dasco: Jangan Dijawab Pak!

Dia  menerangkan, salah satu yang utama dari acara Rembug Rabuan adalah membentuk unit kerja kelurahan (UKK), yakni organ pemenangan lintas elemen yang berada di tingkat kelurahan. "Mereka inilah ujung tombak dari proses pemenangan," ujar pria yang juga berprofesi sebagai dosen itu.

Praktisi media digital itu menerangkan, UKK itu juga sekaligus untuk meningkatkan kemampuan penggerak atau fasilitator tingkat kelurahan sehingga dapat menghalau politik uang, fitnah dan politik curang di wilayahnya masing-masing. "Mengapa itu perlu dilakukan? Karena makin dirasakan aromanya," ujarnya.

UKK itu, lanjut Firman, nantinya akan membuat rencana kerja ke depan. Termasuk untuk memperkirakan target suara yang akan diraih. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya