Petugas Dishub Jakarta Ditangkap Saat Tarik Uang Pungli

Suasana di salah satu terminal bus di Jakarta / Ilustrasi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id – Seorang anggota Suku Dinas Perhubungan dan Transportasi Jakarta Pusat terjaring Operasi Tangkap Tangan pungutan liar Tim Saber Pungli di kawasan Jakarta Utara.

Cerita Ganjar Bikin Aplikasi Lapor Gub Gegara Aduan Pungli

Pelaku berinisial S, dia ditangkap Tim Saber ketika sedang menarik uang pungutan liar di tempat mangkal bus di Jakarta Utara.

"Iya betul, namanya S. Kejadiannya Senin sore," kata Kepala Suku Dinas Perhubungan dan Transportasi Jakarta Pusat, Harlem Simanjuntak kepada VIVA.co.id, Rabu 18 Januari 2017.

Mahfud MD Klaim Prakti Pungli di Indonesia Sudah Sangat Berkurang

Menurut Harlem, pihaknya menyerahkan penanganan kasus itu sepenuhnya kepada pihak berwajib. Karena dia berjanji tidak akan melindungi anggotanya bila memang melakukan kesalahan. 

Dia mengaku belum mengetahui berapa besaran jumlah pungli yang diterima anggotanya itu. "Saya kurang tahu seperti apa, tapi silakan (dihukum)," kata dia.

Viral 2 Anggota PJR Polda Metro Pungli di Jagorawi, Ini Kata Dirlantas

Akibat perbuatannya itu, S bisa saja terancam dipecat. Ia juga menyerahkan hal itu sepenuhnya pada atasannya yang berwenang untuk memberikan sanksi pada S.

"Belum tahu juga kita, misal divonis kan kena hukuman, kan PNS punya aturan apakah diberhentikan hormat atau tidak hormat. Tapi, kita menyerahkan sepenuhnya, kita belum tahu prosesnya seperti apa," ujar dia.

Tangkapan layar (screenshot) video yang memperlihatkan siswa SMA Negeri 8 Mataram, Nusa Tenggara Barat, dipungut uang parkir di sekolah itu.

Pungut Uang Parkir ke Siswa, Kepala Sekolah di Mataram Didemo

SMAN 8 Mataram, NTB, diduga melakukan pungutan liar terhadap para siswa berupa membebankan tarif parkir masuk sekolah berjumlah Rp2 ribu hingga Rp5 ribu.

img_title
VIVA.co.id
19 Januari 2022