Cegah Kecurangan, Agus-Sylvi Rilis Aplikasi

Cagub dan Cawagub Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni dalam debat Pilkada DKI Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Pasangan calon gubrnur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut satu, Agus Yudhoyono-Sylviana Murni makin percaya diri dengan elektabilitas yang mereka peroleh saat ini. Pasangan yang diusung koalisi empat partai politik ini optimistis akan masuk putaran kedua untuk bisa memenangkan pilkada.

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

Dalam rangka mengantisipasi kecurangan pada perolehan suara, Agus-Sylvi akan meluncurkan aplikasi berbasis teknologi informasi, yang nantinya bisa di-download dan di-instal di telepon pintar atau smartphone.

"Sistem ini tanggal 21 Januari akan resmi di-launching dalam kampanye akbar AHY-Sylvi," kata relawan Agus-Sylvi dalam keterangan persnya, Selasa, 17 Januari 2017.

SBY Sindir Kejanggalan Pilkada DKI 2017

Khusus untuk relawan, aplikasi ini bisa di-download di https://www.jagaagussylvi.com/relawan-jas (ada pilihan kolom belasan relawan AHY-Sylvi yang terdaftar)

Sedangkan untuk para simpatisan, pendukung dan publik, dapat men-download gratis di
https://play.google.com/store/apps/details?id=app.jagaagussylvi

Pilpres 2019 Diharapkan Tak Seperti Pilkada DKI, Marak Hoax

Dalam keterangan persnya, relawan Agus-Sylvi menyatakan, aplikasi ini bertujuan agar para simpatisan, sahabat relawan, pendukung dan warga DKI bisa melaporkan praktik kecurangan sebelum pencoblosan maupun saat pencoblosan. Aplikasi ini menjamin identitas pelapor akan dirahasiakan.

"Semua yang meng-instal dan menggunakan aplikasi ini bisa membantu para saksi di TPS untuk sama-sama memfoto dan meng-upload melalui aplikasi ini dalam rangka mencegah kecurangan sesudah pencoblosan," ucapnya.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat menambah informasi hasil penghitungan suara berupa upload foto data C1, selain yang akan dilakukan 13 ribu saksi di dalam TPS dan ribuan saksi di luar TPS. Sekaligus menjadi data pembanding realtime data C1 yang diunggah KPU pada website-nya yang akan diakomodasi dalam aplikasi informasi data itu.

Kemudian, jika relawan atau publik serta para saksi sudah men-download aplikasi ini, secara otomatis bisa berinteraksi dan mengikuti arahan dari pusat komando interaktif yang sudah ditunjuk oleh pasangan calon dan ketua tim pemenangan.

"Semakin banyak publik dan relawan terlibat mencegah kecurangan dan melaporkan data C1, akan semakin menunjukkan adanya tingkat partisipasi aktif yang konkret mendorong kemanangan AHY-Sylvi secara jurdil," tegasnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya