Sebut Kapolda Otak Hansip, Rizieq FPI Kembali Dipolisikan

Habib Rizieq Shihab
Sumber :
  • Bayu Nugraha/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Ucapan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab kembali dipermasalahkan. Ucapan Rizieq yang direkam dan disebarkan melalui situs berbagi video YouTube itu pun berujung pada pelaporan ke Kepolisian.

Alasan Rizieq FPI dan GNPF Tak Ikut Aksi 212

Seorang warga bernama Eddy Soetono (62 tahun) melaporkan Rizieq ke Polda Metro Jaya atas tuduhan menyebarkan kebencian berbau SARA melalui media elektronik. Laporan tersebut terdaftar dengan nomor LP/193/I/2017/PMJ/ Dit.Reskrimsus tertanggal 12 Januari 2017.

"Ya benar, ada laporan itu. Laporannya udah hari Kamis malam kemarin," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono, saat dikonfirmasi pada Selasa, 17 Januari 2017.

Suara di Kawasan Petamburan Didominasi Anies-Sandi

Dalam laporan itu, lanjut Argo, Rizieq disangkakan melanggar Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Argo mengungkapkan, pelapor mengaku melihat ceramah Rizieq melalui YouTube yang dianggap dapat memicu kebencian berbau SARA. Ceramah itu menyinggung Kapolda Metro Jaya, Irjen Mochamad Iriawan, yang disebut mendorong Gubernur Bank Indonesia (BI) untuk melaporkan Rizieq terkait tudingan logo palu arit di uang baru.

Penghitungan di TPS FPI Diulang 5 Kali, Ahok Tetap Menang

"Dalam isi ceramah itu, terlapor menyebut 'Di Jakarta Kapolda mengancam akan mendorong Gubernur BI untuk melaporkan Habib Rizieq. Pangkat jenderal, otak hansip'," katanya.

Tak hanya itu, Kapolda Metro juga dianggap membela palu arit saat Rizieq menyebut kalimat 'sejak kapan jenderal bela palu arit, jangan-jangan ini jenderal enggak lulus litsus'.

Oleh karena itu, Eddy yang merasa tersinggung pun melayangkan laporannya ke Polda Metro Jaya. Pelapor menilai ucapan Rizieq tersebut berpotensi memecah-belah persatuan di Indonesia.

"Pelapor ini merupakan anggota dari Mitra Kamtibmas yang merupakan bagian dari Linmas, dulunya bernama hansip (pertahanan sipil)," kata Argo.

Laporan terhadap Rizieq kali ini adalah yang keenam kalinya. Tiga laporan berkaitan dengan dugaan penistaan agama dan dua laporan lainnya terkait penyebaran informasi bohong yaitu dengan menyebut uang Rupiah cetakan baru berlambang palu arit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya