Pengacara Ahok Kembali Ungkit Masalah Fitsa Hats

Tim kuasa hukum Ahok melaporkan Habib Novel ke polisi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bayu Nugraha

VIVA.co.id – Kuasa hukum Basuki Tjahaja Purnama, alias Ahok, Rolas Sitinjak menyebut, penulisan Fitsa Hats dalam Berita Acara Pemeriksaan Novel Chaidir Hasan saat jadi saksi di persidangan dugaan penistaan agama, adalah hal yang lucu.

Teuku Ryan Foto di Kolam Renang, Netizen Mengira Dibaptis

"Siapa di Jakarta ini yang enggak ngerti Pizza Hut? Tulisannya pasti tahulah. Teman-teman pengacara ini kan, ada yang jeli dan luar biasa ketelitiannya," kata Rolas di Mapolda Metro Jaya, Senin 16 Januari 2017.

Mengenai tudingan Novel soal kesalahan ada pada polisi yang mengetik BAP miliknya, Rolas mengatakan, tidak mungkin seorang polisi salah mengetik apa yang menjadi keterangan dari saksi.

Momen Habib Novel Alaydrus Jadi Jamaah Buya Yahya

"Kalau salah, diedit dong. Kan dibaca dan dikoreksi. Apalagi, kalau didampingi pengacara, yang baca dan koreksi berapa orang. Kan, setiap lembar ada paraf. Kalau salah, dicoret dong," ujarnya.

Namun, ia enggan menyebut kesalahan penulisan Fitsa Hats dilakukan oleh Novel. Ia hanya menyampaikan, dalam hal ini yang bertanggung jawab adalah orang yang menandatangani BAP.

M Kece Dituntut 10 Tahun Penjara

"Kemungkinan salah memang ada. Tetapi, pertanggungjawaban secara hukum ketika orang tandatangan BAP, itu artinya apa? Artinya, disetujui. Kan kalau BAP, ngomong lalu diketik, dicek, coret, edit lagi. Kalau sudah benar, diparaf dan di belakang ditandatangani,” jelasnya.

Ketika ditanya, apakah penyidik yang menuliskan BAP ini nantinya akan dipanggil dalam persidangan, ia mengatakan tidak tahu.

"Polisi kan sudah klarifikasi. Dia kan punya hak juga kalau itu salah. Itu kan bukan sembunyi-sembunyi, dan itu bukan seperti Anda buka rekening. Ini dia yang bicara, dia yang koreksi, dia yang tanda tangan," katanya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya