Ahok: Tak Ada Rencana Penutupan Alexis

Ahok saat berbincang dengan Hartami di Pondok Bambu, Jaktim.
Sumber :
  • Fajar GM - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Calon Gubernur DKI Jakarta petahana Basuki Tjahaja Purnama menegaskan, tak ada rencana Pemerintah Provinsi DKI untuk menutup Hotel Alexis, di Jakarta Utara.

Ahok Sebut Pertamina Bisa Tetap Untung Bila Tak Naikkan Harga BBM 2022

Hotel itu disebut-sebut terindikasi sebagai lokasi prostitusi oleh sebagian kalangan. Namun dalam pandangan pemerintah, Hotel Alexis adalah usaha yang terdaftar di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI.

"Enggak ada rencana penutupan (Hotel Alexis)," ujar Ahok di sela-sela kunjungan di kawasan Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin, 16 Januari 2017.

Hasto dan Ahok Sampaikan Pesan Megawati untuk Politisi Muda

Menurut Ahok, parameter penutupan tempat hiburan malam seperti diskotek, karaoke, termasuk tempat hiburan malam yang ada di hotel adalah penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba). 

Seperti diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) DKI Nomor 6 Tahun 2015 tentang Kepariwisataan, suatu tempat usaha dicabut izinnya jika dua kali ditemukan menjadi tempat mengonsumsi narkoba. 

Ruko Milik Ahok di Medan Terbakar, Tiga Orang Alami Luka Bakar

Pemerintah sudah menerapkan sanksi kepada diskotek Stadium dan Miles. Dua diskotek itu ditutup lantaran kedapatan menjadi tempat mengonsumsi narkoba. "Jadi kalau terbukti melanggar, pasti kami tutup. Itu (penyalahgunaan narkoba) saja patokannya. Jadi adil," ujar Ahok.

Menurut Ahok, Hotel Alexis tidak bisa disamakan dengan lokalisasi prostitusi terselubung Kalijodo. Pemerintah menertibkan kawasan yang terletak di Penjaringan, Jakarta Utara itu pada Februari 2016. Alasan penertiban saat itu karena Kalijodo merupakan kawasan yang termasuk zona hijau, bukan karena Kalijodo adalah kawasan prostitusi. "Kalijodo itu kan pelanggaran (zonasi)," ujar Ahok.

Sebelumnya, calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyinggung soal Hotel Alexis yang dibiarkan beroperasi, saat debat Pilkada DKI 2017, di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat, 13 Januari 2017.

Dia mengkritik Pemerintah Provinsi DKI di bawah kepemimpinan Ahok-Djarot yang lemah menindak tempat hiburan malam yang terindikasi menjadi tempat prostitusi. "Untuk urusan penggusuran tegas, tapi untuk urusan prostitusi, Alexis, lemah," ujar Anies. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya