Usai Demo Mabes Polri, Habib Rizieq Akan Diperiksa Polisi

Ketua FPI Habib Rizieq Shihab dan massa FPI
Sumber :
  • Facebook Habib Rizieq

VIVA.co.id – Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal M Iriawan memastikan jajaran penyidik Polda Metro akan segera memanggil Imam Besar Front Pembela Islam Muhammad Rizieq Shihab. Habib akan diperiksa terkait ceramahnya yang menyebut uang cetakan baru Bank Indonesia berlambang palu arit atau identik dengan Partai Komunis Indonesia.

Habib Bahar Ungkap Sosok Spesial di Balik Kebebasannya

"Sebentar lagi kita dipanggil. Kasus uang bilang palu arit itu. Jelas kok, Undang-undang mengatur ujaran kebencian," kata Iriawan usai Rapim TNI di Mabes TNI, Jakarta, Senin 16 Januari 2016.

Menurut Iriawan, tuduhan Habib Rizieq perihal uang cetakan baru Bank Indonesia bergambar palu arit, tergolong dalam ujaran kebencian. Sebab, Bank Indonesia sudah menjelaskan bahwa itu adalah sistem pengamanan hologram di cetakan uang baru.

Bebas, Habib Bahar Janji Kembali Berjuang di Jalan Allah

"Jelas kok Undang-undang mengatur ujaran kebencian. Sudah jelas BI mengatakan itu uang bukan palu arit. Itu ada nama sistem pengamanan uang dari tahun 2001. Dilihat, terawang, jelas logo BI, bukan palu arit," terang mantan Kadiv Propam Polri ini.

Habib Rizieq Shihab sebelumnya dilaporkan ke Polda Metro Jaya, Minggu, 8 Januari 2017. Habib Rizieq dilaporkan oleh Jaringan Intelektual Muda Anti Fitnah (JIMAF).

Ramadhan Pertama, Habib Rizieq Dikaruniai Cucu Kembar

Menurut mereka, Habib Rizieq diduga telah menyebarkan berita bohong dan kebencian bermuatan SARA. Hal itu, kata mereka, terdapat dalam video ceramahnya yang beredar di media sosial.
 
Dalam video itu, Habib Rizieq disebut-sebut telah mengatakan kalau uang kertas baru yangditerbitkan Bank Indonesia (BI) berlogo palu arit yang merupakan lambang Partai Komunis Indonesia (PKI).

Spanduk Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab dipasang di JPO depan DPR.

Ada Spanduk Habib Rizieq Terpajang di Tengah Aksi PA 212

Spanduk Habib Rizieq itu membentang di JPO.

img_title
VIVA.co.id
24 Juni 2020