Waspada Macet, Ini Rute Demo FPI ke Mabes Polri

Demonstrasi massa FPI di Jakarta beberapa waktu silam.
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

VIVA.co.id – Massa Front Pembela Islam (FPI) menggelar unjuk rasa di depan Mabes Polri. Mereka menuntut agar Kapolri Jenderal Tito Karnavian mencopot Kapolda Jawa Barat Irjen Anton Charliyan dari jabatannya karena dianggap melakukan pembiaran kerusuhan antara FPI dan LSM GMBI.

Jelang Lebaran, Satgas Pangan Polri Waspadai Kelonjakan Harga Bahan Pokok di Babel

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Komisaris Besar Polisi Iwan Kurniawan mengatakan, telah mengakomodir aspirasi massa FPI. Mereka yang berkumpul di lapangan Masjid Al-Azhar, Jalan Sisingamangaraja, Jakarta Selatan akan mendapatkan pengawalan saat bergeser menuju Mabes Polri.

"Mereka bergerak dari Al Azhar dan long march ke Mabes Polri. Kita lakukan pengawalan sampai di depan gedung Baharkam Mabes Polri," ujar Iwan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin, 16 Januari 2017.

Keliling Pasar di Jatim, Satgas Pangan Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil

Pengawalan tersebut dilakukan agar pergeseran massa dari satu titik ke titik lain berjalan tertib dan lancar. Dengan begitu, pergeseran massa aksi ini tidak terlalu mengganggu aktivitas masyarakat Jakarta.

"Rutenya dari Al-Azhar melewati Jalan Raden Fatah, belok kiri sampai ke Jalan  Trunojoyo dan diarahkan di depan Gedung Baharkam Mabes Polri," ujarnya menjelaskan.

Diduga Produksi Oli Palsu, Komunitas Aktivis Muda Indonesia Desak Mabes Polri untuk Segera Tangkap

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, saat ini polisi melakukan penutupan satu ruas Jalan Trunojoyo persis di depan Gedung Baharkam Mabes Polri. Lokasi tersebut nantinya digunakan untuk menampung massa yang melakukan orasi.

"Untuk sementara, satu lajur saja yang kita tutup, yang lain normal. Kami upayakan alih arus dan penutupan semaksimal mungkin tidak kami lakukan," kata Argo.

Nantinya, saat massa FPI melakukan long march pihaknya akan menutup sementara jalur yang akan dilewati jika memang terjadi kemacetan

"Kalau memang macet akan ditutup sementara jalur para pendemo long march," katanya.

Ia pun berharap, aksi demo dari massa FPI ini berlangsung tertib dan tepat waktu. Bahkan polisi berharap aksi demo akan berlangsung singkat. Sehingga tidak mengganggu aktivitas warga Jakarta saat pulang kerja sore nanti.

"Batas waktu aksi sesuai dengan UU. Kalau lebih dari waktunya, kita akan lakukan sesuai dengan ketentuan UU. Minimal satu jam sebelumnya saya sampaikan. Selanjutnya kita akan lakukan sesuai protap (prosedur tetap) Kepolisian."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya