Kata Ahok soal Monas Dijadikan Kegiatan Agama

Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 2, Basuki Tjahaja Purnama.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Danar Dono

VIVA.co.id – Kawasan Silang Monumen Nasional merupakan salah satu wilayah yang memiliki kategori merah atau ring-1. Artinya, kawasan itu dilarang ada aksi massa meskipun untuk kegiatan agama sekali pun.

PKS Berterima Kasih kepada Anies-Cak Imin dan Merasa Bangga Jadi Koalisi Perubahan

Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga, Anies Rasyid Baswedan, pernah berjanji akan mengizinkan Monas digunakan sebagai tempat kegiatan ibadah. Hal itu dikatakannya pada Minggu pagi, usai menghadiri Tabligh Akbar Politik Islam di daerah Jakarta Selatan.

Sementara, calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut dua, Basuki Tjahaja Purnama, mengatakan, hal tersebut (Monas sebagai tempat aksi kegiatan agama) bukan merupakan wewenang kepala daerah.

Presiden PKS: Saatnya Pak Anies Mendukung Kader PKS untuk Maju di Pilkada DKI

"Itu bukan wewenang gubernur. Itu yang menentukan zona khusus Keppres," ujar Ahok, sapaannya, saat menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW bersama relawan RelaNU, Jakarta, Minggu, 15 Januari 2017.

Menurutnya, kebijakan sterilisasi kawasan Monas dari aksi kegiatan agama bukan dirinya yang mengatur dan menentukan. Namun, memang sudah dirancang sejak dahulu.

MK Tolak Gugatan Anies dan Ganjar, Rosan: Mari Bersatu Wujudkan Indonesia Emas

"Itu sudah dirancang, dan bukan saya yang menentukan. Sekeliling Monas masuk zona merah atau ring-1," ungkapnya.

Sidang Putusan Sidang Perselisihan Hasil Pemilu 2024 di MK, Anies-Muhaimin

Terbuka untuk Bertemu, Anies Sebut Prabowo Bukan Musuh tapi Lawan

Anies Baswedan mengatakan ada peluang Prabowo Subianto mengundang dirinya untuk melakukan pertemuan usai putusan MK karena sebetulnya hanya lawan dalam pemilu.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024