Ahok Ziarah ke Makam Mbah Priuk Jelang Debat Pilkada

Ahok saat berada di depan makam Mbah Priuk.
Sumber :
  • Instagram @basukibtp

VIVA.co.id – Calon Gubernur petahana DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, ikut dalam acara salawatan atau memanjatkan doa kepada Allah SWT yang dilakukan jemaah Majelis Gubah Al Haddad. Majelis itu terletak di Tanjung Priok, Jakarta Utara, berlokasi di kompleks makam Habib Hasan bin Muhammad Al-Haddad atau dikenal dengan 'Mbah Priuk' dan dianggap keramat.

Ahok Sebut Pertamina Bisa Tetap Untung Bila Tak Naikkan Harga BBM 2022

Hal itu terjadi Kamis subuh kemarin, 12 Januari 2017. Demikian disampaikan salah satu anggota tim media Ahok, sapaan akrab Basuki.

Rencana kunjungan Ahok ke sana tidak disampaikan kepada media. Dia berkunjung sehari sebelum pelaksanaan debat Pilkada DKI. Menurutnya, Ahok datang ke sana atas undangan seorang pengurus bernama Eko. Eko yang diutus Habib Sting Alaydrus (Abdullah Alaydrus) yang merupakan ahli waris dari Mbah Priuk, mengunjungi Rumah Lembang, markas pemenangan Ahok - Djarot di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017 Kamis lalu, 5 Januari 2017 untuk menyampaikan undangan itu.

Hasto dan Ahok Sampaikan Pesan Megawati untuk Politisi Muda

"Habib Sting dan jemaah saat itu cukup ramai berselawat. Ahok terlihat khusyuk mengikuti kegiatan tersebut, meskipun Ahok bukanlah penganut agama Islam," ujar tim media yang tidak ingin dituliskan namanya itu, Jumat, 13 Januari 2017.

Foto dari peristiwa kunjungan ini sendiri diunggah oleh Ahok di akun Instagram pribadinya, @basukibtp. Ahok mengucapkan terima kasih atas undangan Habib Sting. Sementara dalam foto, terlihat Ahok berpose dengan Sting di depan logo besar majelis yang digambar di sebuah tembok.

Ruko Milik Ahok di Medan Terbakar, Tiga Orang Alami Luka Bakar

Anggota tim media itu menuturkan, Ahok kemudian diajak berziarah ke makam Mbah Priuk. Padahal, lokasi makam jarang dibuka jika saat itu bukan sedang hari besar keagamaan atau jika tidak ada tokoh besar yang berkunjung.

Ahok, berjanji membuat Pemerintah Provinsi DKI menyiapkan sarana dan prasarana untuk mendukung dijadikannya lokasi makam Mbah Priuk sebagai tempat wisata ziarah. Menurutnya, layaknya Masjid Luar Batang yang terletak di Penjaringan, Jakarta Utara, wisata ziarah bisa mendatangkan banyak orang dari luar daerah, bahkan luar negeri, untuk berwisata sambil berziarah.

"Tapi Pak Ahok juga mengingatkan agar ahli waris segera mengurus administrasi dan aspek legal tanah di wilayah tersebut," ujarnya.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya