Djarot Janjikan Dana Rp1 Triliun untuk Usaha Kecil Menengah

Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Ade Alfath

VIVA.co.id – Calon Wakil Gubernur petahana DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, menjanjikan dana segar dengan nilai total Rp1 triliun bagi Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) di Jakarta. Djarot mengatakan dana itu tersedia di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Bank DKI, dan siap disalurkan kepada masyarakat. 

Isu Kaesang Maju Pilgub DKI, Demokrat Masih Lihat-lihat

Hal itu diungkapkan Djarot saat berdiskusi dengan pelaku UMKM di Cipinang, Jakarta Timur, Kamis 12 Januari 2017. 

"Bagi mereka yang ingin mengembangkan usahanya, dan bagus bisa kita bantu melalui program kita. Kita sudah sediakan Rp1 triliun di Bank DKI," kata dia. 

Gerindra Tak Ngotot Usung Kader Sendiri di Pilgub Jakarta

Menurut Djarot, dana tersebut disalurkan melalui kredit atau pinjaman lunak dan tanpa agunan, ditambah suku bunga rendah atau dibawah 9 persen. Nantinya, setiap pelaku UMKM bisa mendapatkan pinjaman modal maksimal Rp 15 juta. 

Caranya, lanjut dia, musti ber-KTP DKI Jakarta dan membuka rekening Bank DKI. Sebab dana itu akan langsung ditransfer ke rekening masing-masing atau non tunai. Hal itu agar aktivitas pemilik rekening bisa dipantau.

Pilih Anies atau Sahroni di Pilgub DKI 2024, Begini Jawaban Tak Terduga Surya Paloh

"Syaratnya sudah punya usaha dan survei ada pengakuan tetangga kiri kanannya bahwa prospeknya bisa diberi bantuan modal," kata Djarot. 

Djarot mengaku saat ini sudah ada setidaknya 130 UMKM yang dibina oleh Pemprov DKI Jakarta. Dia berharap dengan perluasan bantuan, akan dapat menambah jumlah pelaku UMKM, yang menjadi salah satu penopang perekonomian. 

"Kita berharap kalau ada bantuan pinjaman modal betul-betul digunakan untuk usaha bukan untuk konsumsi," ujar mantan Wali Kota Blitar itu.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya