Cara Anies-Sandiaga Mudahkan Warga Rintis Usaha di Rumah

Sandiaga Uno
Sumber :
  • VIVA.co.id/Danar Dono

VIVA.co.id – Salah satu program prioritas pasangan calon Gubernur dan calon wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dan Sadiaga Salahuddin Uno yakni pengembangan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di DKI Jakarta.

Sandiaga Khawatir Gelombang Ketiga Corona yang Lebih Dahysat

Pasangan calon nomor urut tiga ini mengkolaborasikan antara program pembangunan manusia melalui aksesibilitas pendidikan yang berkualitas, tuntas dan gratis dengan penyediaan lapangan pekerjaan.

Di saat kegiatan kampanye, pasangan dengan jargon 'maju kotanya bahagia warganya' mendapat sejumlah keluhan dari warga, salah satunya terkait sulitnya pengurusan administrasi pendirian usaha di Jakarta.

Sandiaga Sarankan Khofifah-Risma 'Tidak Berpolitik' untuk Lawan Corona

Salah satu warga bernama Iin menyampaikan keluhannya mulai dari sulitnya pengurusan administrasi untuk pendirian usaha, sampai dengan mengeluhkan terkait tempat usaha yang dipersulit jika dimulai di rumah.

"Saya tidak bisa menyewa atau membeli gedung untuk wirausaha. Sedangkan kita kan baru merintis. Saya minta tolong. Ini janji ya, Pak. Agar kalau mendirikan CV dan PT, dipermudah prosesnya," kata Iin, Kamis, 12 Januari 2017.

Sebar Lokasi CFD, Sandiaga Sebut Kebijakan Tepat

Menanggapi pertanyan itu, Sandiaga menegaskan komitmennya bersama Anies dalam memberi kemudahan kepada perintis usaha baru di masyarakat ibu Kita.

"Kami punya program bernama Garasi Inovasi. Dengan ini, kita memastikan bahwa setiap perusahaan rintisan boleh memulainya dari rumah sendiri. Selama tidak mengganggu, juga tidak mengeluarkan limbah yang merusak," ujar Sandiaga Uno.

Sandi menerangkan, untuk usaha yang baru dirintis tentu perlu dimulai dari hal yang kecil, bukan harus memulainya dari gedung besar atau mewah namun bisa dimulai dari tempat usaha rumahan

Mantan Ketua HIPMI ini Menegaskan akan memberi kemudahan untuk perintis usaha baru dan bisa memulainya dari rumah. "Pemerintah bisa memfasilitasi kemudahan itu," ujar Sandi

Dalam kesempatan tersebut, Sandi menghadirkan Musa, seorang ahli Search Engine Optimization (SEO) yang bersedia menjadi pendamping dalam program OK OCE (One Kecamatan, One Center for Entrepreneurship).

Program OK OCE Anies Sandi merupakan inovasi dalam menghadirkan lapangan kerja baru yang tidak hanya dengan pemberian modal usaha baru, tetapi juga pendampingan dan pelatihan dari para pengusaha sukses.

"Melalui program ini, kita pastikan 200.000 pelaku ekonomi baru di Jakarta," kata Sandi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya