Sumarsono Setuju TransJakarta Kelola Transportasi Laut

Plt Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono.
Sumber :
  • Raudhatul Zannah - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono mendukung wacana PT Transportasi Jakarta untuk mengelola transportasi laut di ibu kota. Hal ini sejalan dengan usul Gubernur nonaktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang meminta Badan Usaha Milik Daerah itu menggarap sektor laut yang selama ini dikuasai swasta.

Pemprov DKI Bangun Sekolah Pengemudi untuk Sopir Transjakarta

"Kalau TransJakarta mengelola kapal di Kepulauan Seribu saya dukung 100 persen," kata Sumarsono, di Jakarta, Jumat, 6 Januari 2017.

Sebelumnya, dalam menanggapi terbakarnya Kapal Wisata Zahro Express hingga mengakibatkan 23 penumpang tewas, Ahok meminta untuk TransJakarta ambil alih bisnis transportasi di Kepulauan Seribu.

Bus Transjakarta Tabrak Pemulung hingga Tewas di Pancoran

Menurut Ahok, nantinya apabila kapal dikelola oleh perusahaan milik pemda dia berjanji akan meningkatkan kualitas berstandar internasional.

Meski demikian, kata Sumarsono, wacana ini harus dikonsultasikan dengan Kementerian Perhubungan. Sebab, pelabuhan dan menyangkut perizinan kapal merupakan otoritas dari pemerintah pusat.

Kronologi Tabrakan Transjakarta Vs Mercedes Benz di Jaksel

"Tentu kita harus diskusikan ke yang punya wewenang. Kementerian Perhubungan," kata Sumarsono.

Ia menambahkan TransJakarta yang biasa mengelola bus ini harus siap apabila pemerintah meminta pengelolaan kapal diserahkan kepada perusahaan itu.

"Ketika kurang orang, maka harus cari yang berkompetensi. Jangan sopir darat disuruh sopir di laut. Itu soal rekrutmen. Harus sesuai yang dibutuhkan," paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya