Senin, Puncak Arus Balik Liburan Natal dan Tahun Baru

Kakorlantas Polri Irjen Pol Agung Budi Maryoto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Syaefullah

VIVA.co.id – Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Agung Budi Maryoto memperkirakan, puncak arus balik liburan Natal dan Tahun Baru 2017 bukan terjadi malam ini, Minggu, 1 Januari 2017.

Polisi Sebut Pengemudi Mobil Fortuner Arogan Ditangkap Saat Sembunyi di Rumah Kakaknya

"Malam ini sudah mulai terjadi meningkat (volumen kendaraan). Prediksi saya dengan Jasa Marga puncaknya besok," kata Agung Budi Maryoto saat memantau posko tol Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat, Minggu malam, 1 Januari 2016.

Karena itu, jajaran Kepolisian bersama pihak terkait telah menyiapkan langkah antisipasi apabila terjadinya penumpukan atau kepadataan kedaraan.

"Kita floating dari jalur Selatan, Cipularang kemudian Puncak dan Cipali hingga Brebes Timur. Skenario sudah kita siapkan, bila terjadi kepadatan di sini (di Cikarang Utama) akan kita lakukan contra flow hingga seterusnya," ujarnya.

Tak hanya itu, jajaran Kepolisian lalu lintas juga akan melakukan skenario beberapa luas jalan yang berada di wilayah Ibu Kota DKI Jakarta.

"Kemudian yang jalur padat bukan di sini saja, tapi di dalam kota juga, di Ancol, Taman Mini Indonesia Indah dan di Ragunan sudah kita lakukan," ujarnya.

Sementara itu, untuk jalur Puncak Bogor, Jawa Barat malam ini sedang dilakukan one way dari arah Puncak, sedangkan dari Gadog menuju Puncak ditutup.

Tangan Diborgol, Pengemudi Fortuner Arogan Ngaku Adik Jenderal Tertunduk Lesu di Kantor Polisi

Sementara itu, dari laporan yang diterimanya, kepadatan lalu lintas juga terjadi di Garut menuju Bandung. Karena banyaknya kendaraan tersebut akhirnya polisi memberlakukan contra flow atau lawan arus.

"Sekarang oleh petugas dilakukan contra flow jadi tiga lajur dari arah Garut ke Bandung. Sedangkan dari arah Bandung ke Garut satu lajur, jadi memang sudah ada peningkatan," katanya menambahkan.

Urai Peningkatan Arus Balik Lebaran, Contraflow Diberlakukan Kembali di Tol Japek

Agung menjelaskan, Kepolisian melakukan contra flow agar dapat mengurai kemacetan, tapi tak merinci berapa kilometer jalur digunakan contra flow.

"Pas pintu keluar Garut (penerapan contra flow). Kemudian dilakukan (contra flow) fleksibel, kalau sudah lancar pasti dicabut lagi."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya