Jemaat Katedral Berterima Kasih pada Pengurus Istiqlal

Jemaat Gereja Katedral menuju Masjid Istiqlal untuk mengambil kendaraan mereka setelah mengikuti misa malam Natal. Sabtu, 24 Desember 2016.
Sumber :
  • Rifki Arsilan

VIVA.co.id – Suasana saling menghormati dan saling menghargai antar umat beragama sangat terasa pada perayaan malam Natal di sekitar Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Saat umat Kristiani akan melakukan doa bersama pada misa malam Natal di Gereja Katedral, Sabtu malam, 24 Desember 2016.

Polisi Imbau Warga Datang Lebih Awal Jika Hendak Salat Id di Masjid Istiqlal

Seperti tahun sebelumnya, pengurus Masjid Istiqlal menyediakan lahan parkir untuk ribuan umat Kristiani yang akan ke Gereja Katedral. Martin (30), salah satu jemaat mengucapkan terima kasih kepada umat Muslim di seluruh Indonesia, khususnya pengurus Masjid Istiqlal yang telah membantu memberikan lahan parkir kepada jemaat Gereja Katedral.

Menurutnya, potret ini adalah salah satu bentuk toleransi umat beragama yang ada di Indonesia. Sehingga ia berharap, suasana kerukunan antarumat beragama di Indonesia dapat terus dijaga.

Jadi Contoh Toleransi, Terowongan Penghubung Istiqlal dan Katedral Jadi Sorotan Dunia

"Dari tahun ke tahun memang selalu seperti itu (Istiqlal menyediakan lahan parkir untuk jemaat Katedral),  toleransi di Indonesia memang harus tetap dijaga, " kata Martin kepada VIVA.co.id, di halaman Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan sama, Muslim (35), salah satu jemaah salat Maghrib Masjid Istiqlal mengaku bahagia melihat suasana kerukunan antarumat beragama yang ada di sekitar Lapangan Banteng.

Imam Besar Istiqlal Ucapkan Selamat kepada Prabowo jadi Presiden Terpilih

"Ini bagus, saya senang melihatnya. Ini bukti bahwa hidup bertetangga bisa rukun dan saling menghargai satu sama lain," kata Muslim yang mengaku sengaja singgah ke Mesjid Istiqlal bersama keluarganya.

Seperti diketahui, ribuan jemaat memadati Gereja Katedral, Jakarta Pusat, pada misa malam Natal pertama yang prosesnya telah dimulai sejak pukul 17.00 Wib. Jemaat duduk dengan khidmat. Konser Natal mengawali seluruh prosesi misa Natal malam ini. Setelah misa pertama selesai, misa kedua akan dilaksanakan pada pukul 19.30 WIB. .

"Satu jam sebelum misa malam. Natal pertama kami suguhkan konser anak-anak menyanyi," ujar salah satu Romo Gereja Katedral, Romo Kristiono di Gereja Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Sedangkan untuk misa Natal pada tanggal 25 Desember 2016, Gereja Katedral akan menggelar lima kali misa. Misa pertama pada hari itu akan dilakukan pada pukul 06.00 WIB, kemudian pukul 07.30 WIB. Lalu, pada pukul 09.00 WIB, pukul 11.00 WIB, dan yang terakhir pada pukul 18.00 WIB.

"Untuk misa pada tanggal 25 Desember pukul 09.00 WIB pagi akan dipimpin langsung oleh Uskup Agung Jakarta," kata dia. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya