Banser Surati Polda Metro, Siap Bantu Pengamanan Natal

Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal M. Iriawan.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Anwar Sadat

VIVA.co.id – Kepolisian Daerah Metro Jaya akan memaksimalkan pengamanan Hari Raya Natal dan tahun baru dengan mengerahkan ribuan personel gabungan. Gereja dan tempat wisata akan dijaga untuk mengantisipasi ancaman terorisme maupun kejahatan konvensional jelang akhir tahun 2016.  

Aktivis Penyebar Isu Larangan Natal di Sumbar Tak Ditahan

Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi M Iriawan mengatakan, pengamanan tentu akan dimaksimalkan  terhadap 1.610 gereja yang tersebar di seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya. Sejumlah organisasi masyarakat telah berkomitmen untuk membantu melakukan pengamanan.

Polda Metro Jaya juga sudah menerima surat dari pengurus Barisan Ansor Serba Guna (Banser) Nahdlatul Ulama (NU) yang bersedia ikut terlibat dalam pengamanan Natal dan tahun baru 2017.

Polisi Tahan Aktivis Penyebar Isu Larangan Natal

"Tentu ada gereja yang besar, kalau pusat seperti Katedral, Immanuel, dan sebagainya yang kita maksimalkan. Bahkan saudara kita dari Banser (NU) sudah mengirim surat ke kami untuk membantu melakukan pengamanan natal di Jakarta," kata Iriawan kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jumat, 23 Desember 2016.

Namun, kata Iriawan, Polda Metro Jaya masih mempertimbangkan tawaran tersebut. Sebab, bila jumlah personel keamanan yang dikerahkan dianggap sudah cukup, maka tidak diperlukan lagi bantuan pengamanan dari pihak lain.

Malam Pergantian Tahun, Volume Sampah Kawasan Malioboro Meningkat

"Mereka mengirim surat ke kami katanya akan berpartisipasi. Tapi kita lihat dulu, kalau cukup pasukan kami, ya mungkin kami saja," katanya.

Menurutnya, siapa saja boleh membantu Kepolisian untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Bentuk toleransi juga bisa ditunjukkan untuk membantu pengamanan perayaan hari raya agama apapun. Iriawan menambahkan, akan memperkuat pengamanan di gereja yang menjadi perhatian.

"Masyarakat boleh. Itu toleransi umat beragama. Detector kita usahakan maksimal di gereja-gereja. Kemarin salah satu targetnya teroris adalah polisi yang sedang melaksanakan pengamanan natal dan tahun baru," katanya.

Kapolda Metro Jaya mengimbau kepada masyarakat baik umat nasrani dan umat Islam agar saling menghargai dan menjaga kerukunan.

"Khususnya saudara kita kaum kristiani saya mengucapkan selamat natal. Teman-teman yang muslim, mari kita memberikan toleransi kepada saudara kita yang merayakan natal. Mari kita sama-sama menjaga kerukunan,” katanya. 

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya