Polda: Teroris Ingin Ledakkan Diri di Pos Polisi Serpong

Ilustrasi/Penggeledahan rumah tersangka teroris
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

VIVA.co.id – Tim Densus Antiteror Mabes Polri menggerebek tempat persembunyian pelaku terduga teroris di Kampung Babakan, Tangerang Selatan, Rabu 21 Desember 2016.

Bom Bunuh Diri di Pakistan Tewaskan 5 Insinyur China, Pelaku Dari Afghanistan

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, kronologi penggerebekan tersebut berawal saat tim yang berada di Jalan Raya Serpong, Tangerang Selatan sekitar pukul 08.00 WIB menangkap terduga teroris bernama ANS.

"Dari hasil interogasi diperoleh informasi bahwa mereka berencana untuk melakukan aksi teror pada akhir tahun 2016, dengan target pos polisi di RS Eka (Serpong), dengan modus operandi akan melakukan penusukan dengan sangkur terhadap anggota Polri di sekitar Pos Lantas dan ketika sudah ramai anggota Polri dan masyarakat yang datang, akan melakukan bom bunuh diri," kata Argo kepada wartawan, Rabu 21 Desember 2016.

Ngeri, Slovakia Terima 1.100 Ancaman Bom dalam Sehari

Kemudian, tim bergerak ke Kelurahan Babakan, Kecamatan Setu, Serpong, Tangerang Selatan. Pada pukul 09.45 WIB tim melakukan penggerebakan di sebuah kontrakan.

"Dalam kontrakan tersebut yang ditempati oleh terduga atas nama O, I, dan H," katanya.

Detik-detik KKB Komplotan Keni Tipagai Serang Polsek Homeyo Intan Jaya yang Tewaskan Warga Sipil

Pada saat dilakukan penggerebekan, ketiga terduga tersangka diawali dengan melakukan public address untuk mengingatkan kepada para tersangka untuk menyerah dan masyarakat untuk menjauh dari Tempat Kejadian Perkara dan berikutnya dilakukan evakuasi terhadap warga sekitar.

"Setelah itu kemudian dilakukan penggerebekan dan tersangka melakukan perlawanan dengan mengambil bom yang sudah jadi,sehingga kemudian dilakukan tindakan represif yang mengakibatkan tewasnya ketiga tersangka," katanya.

Untuk perkembangan sementara, kata Argo, tim saat ini sedang melakukan proses olah TKP yang dilakukan oleh Unit Penjinakan Bom.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya