Janji Djarot, Warga Rumah Susun Gratis Naik TransJakarta

Djarot Saiful Hidayat sapa warga di Kampung Makassar beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta petahana Djarot Saiful Hidayat, mengakui salah satu persoalan kompleks di Jakarta adalah tingginya biaya hidup. Kontribusi biaya tertinggi yakni pada permukiman dan transportasi. Sulit bagi warga miskin menjangkau dua hal tersebut.

Gerindra Tak Ngotot Usung Kader Sendiri di Pilgub Jakarta

Untuk mengatasi masalah itu, Djarot memiliki jurus jitu yang dianggapnya ampuh, yakni dengan memberikan subsidi transportasi dan perumahan. Salah satunya seperti naik TransJakarta gratis bagi warga yang tinggal di rumah susun, warga berpenghasilan Upah Minimum Provinsi (UPM), pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP), dan kalangan lanjut usia.

Sementara itu, untuk perumahan, pemerintah provinsi saat ini juga tengah mengerjakan ribuan unit rumah susun sewa sederhana dan akan terus dilanjutkan jika mereka kembali terpilih. Hal itu diharapkan menjadi solusi permukiman bagi mereka yang kurang mampu.

Pilih Anies atau Sahroni di Pilgub DKI 2024, Begini Jawaban Tak Terduga Surya Paloh

"Di Jakarta itu biaya hidup tinggi, makanya kami subsidi. Caranya dengan menyubsidi pengeluaran mereka. Kalau begitu, akan ada solusi untuk mereka. Kami akan lanjutkan terus program ini," kata Djarot di sela blusukannya di Menteng Atas, Jakarta Selatan, Selasa, 20 Desember 2016.

Pembukaan lapangan kerja juga menjadi salah satu hal yang menjadi bidikan pasangan nomor urut dua ini. Menurut dia, tak sulit mencari pekerjaan di ibu kota, asalkan ada kemauan teguh. Apalagi, masifnya pembangunan proyek infrastruktur di ibu kota juga menjadi peluang bagi tenaga kerja lokal.

PAN Jakarta Tak Masalah Kaesang Maju Pilgub DKI: Semua Punya Hak

"Kalau di Jakarta kerja apa saja bisa, misalkan pekerja kasar, PPSU. Apa pun bisa kalau di sini. Pertanyaannya mau atau tidak?" kata Djarot.

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Demokrat Herzaky Mahendra Putra.

Isu Kaesang Maju Pilgub DKI, Demokrat Masih Lihat-lihat

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep digadang-gadang maju sebagai bakal calon Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada Serentak 2024. Sejumlah partai.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024