Wabah Diare Serang Bogor

Wabah Diare Meluas, Satu Warga Lagi Tewas

VIVAnews - Wabah muntah dan diare (muntaber) yang melanda Kabupaten Bogor makin meluas. Sejumlah warga yang menjadi korban terus mendatangi rumah sakit terdekat.

Bukan hanya, di Kecamatan Cisarua, Megamendung dan Caringin. Saat ini wabah muntaber mulai menjangkit warga Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor.

Bahkan satu warga bernama Tami, 14 tahun, warga Desa Rengasjajar, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, tewas akibat wabah ini.

Sejumlah warga yang menjadi korban muntaber terus berdatangan dan memadati Puskesmas Badak Putih, korban yang semula 28 orang, hari ini bertambah mejadi 94 orang.

Penambahan pasien yang terjangkit muntaber juga terjadi RSP DR Goenawan, dari 55 orang menjadi 67 orang. Sementara pasien yang dirawat RSUD Ciawi kini bertambah empat orang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, dr Tri Wahyu mengatakan, penambahan pasien kasus muntaber diakibatkan kerena cuaca kemarau yang disertai hujan dan mengakibatkan kondisi kesehatan warga menurun.

"Jadi dengan kondisi tersebut kesehatan warga sangat rentan terserang penyakit terutama muntaber bahkan ditambah lagi dengan kurangnya kesadaran masyarakat untuk memperhatikan kebersihan lingkungannya," ujarnya Kamis 27 Agustus 2009.

Lebih lanjut ia menjelaskan, wabah muntaber ini telah menyerang ratusan warga yang berada di empat kecamatan di wilayah Bogor. Wabah terakhir menyebar di Kecamatan Cigudeg.

Tercatan sebanyak 119 orang warga di desa Renggasjajar, desa Lebak Wangi dan Desa Cigudeg terjangkit wabah ini.

Kepala puskesmas kecamatan Cigudeg dr Heru mengungkapkan, saat ini ratusan warga yang terserang muntaber mendapat perawatan dan memenuhi puskesmas Lebak Wangi.

Inspirasi Membantu Sesama

Laporan: Ayatullah Humaeni| Bogor

Timnas Indonesia U-23

Prediksi Piala Asia U-23: Yordania vs Timnas Indonesia

Duel Yordania vs Timnas Indonesia dalam lanjutan Piala Asia U-23 Grup A matchday ketiga di Stadion Abdullah Bin Nasser, Minggu 21 April 2024, pukul 22.30 WIB.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024