Besok Ahok Diadili, Arus Lalu Lintas Gajah Mada Dialihkan

Gubernur DKI Jakarta non aktif, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara akan menggelar sidang perdana perkara dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di gedung eks PN Jakarta Pusat, Jalan Gajah Mada Nomor 17, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa, 13 Desember 2016.

Ahok Sebut Pertamina Bisa Tetap Untung Bila Tak Naikkan Harga BBM 2022

Kepolisian akan melakukan pengamanan dan pengawalan ketat lokasi persidangan. Tak hanya itu, untuk kelancaran dan juga kelancaran sidang itu, kepolisian akan melakukan rekayasa lalu lintas di Jalan Gajah Mada.

"Untuk menciptakan Kamseltibcar lantas yang dinamis dan kondusif, Ditlantas PMJ mempersiapkan rekayasa terbatas disesuaikan dengan perkembangan situasi di lapangan," kata Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Budiyanto, di Jakarta, Senin 12 Desember 2016.

Hasto dan Ahok Sampaikan Pesan Megawati untuk Politisi Muda

Budiyanto mengatakan, terkait ada atau tidaknya rencana pengalihan arus lalu lintas, masih bersifat situasional dan tergantung kondisi di lapangan.

Selain itu, sekitar 86 personel gabungan Polisi Lalu Lintas akan ditempatkan di simpang-simpang, putaran balik di kawasan tersebut dan juga Jalan Gajah Mada serta pengadilan.

Ruko Milik Ahok di Medan Terbakar, Tiga Orang Alami Luka Bakar

Selain itu, polisi menyiapkan sejumlah kantong-kantong parkir di sekitar lokasi. "Pengalihan sifatnya sangat situasional. RTMC sebagai pusat Komando, kendali, komunikasi, dan pusat informasi akan berperan aktif untuk memonitor, memantau, dan mengendalikan serta memberikan informasi kepada masyarakat tentang perkembangan situasi giat tersebut," ujarnya.

Rekayasa terbatas arus lalu lintas yang dipersiapkan, yakni sebagai berikut:

  1. Arus lalu lintas yang dari arah Jalan Hasyim Ashari Kota diputar balik di Jembatan Alaydrus - Jalan Hayam Wuruk - Harmoni -Juanda - Pasar Baru - Jalan Gunung Sahari atau melalui Jalan Kyai Tapa - Hasyim Ashari - Roxi - Grogol  dan seterusnya.
  1. Arus yang datang dari arah Majapahit/Suryopranoto dan Veteran Raya ke Gajah Mada dialihkan ke Jalan Juanda-Pasar Baru - Gunung Sahari dan seterusnya.
  1. Akses jalan-jalan kecil/gang yang mengarah pengadilan dialihkan.
  1. Apabila terjadi kepadatan pengaturan akan dimanualkan, koordinasi dengan Dinas Perhubungan.

Kantong-kantong parkir yang dipersiapkan, yakni sebagai berikut:
a. Halaman eks gedung kejaksaan.
b. Depan toko buah.
c. Di sekitar Menara Tower.
d. Satu lajur sepanjang Jalan Gajah Mada (situasional).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya