Pilkada Jakarta 2017

Janji Politik Agus-Sylvi Dipersoalkan

Calon Gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Sylviana Murni
Sumber :
  • VIVA.co.id / Anwar Sadat

VIVA.co.id – Pertarungan jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta Februari 2017 mendatang terus memanas.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Kali ini giliran relawan pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) - Djarot Syaiful Hidayat yang mempersoalkan janji politik pasangan cagub nomor urut 1, Agus Harimurti Yudhoyono - Sylviana Murni.

Ketua Umum Sekretariat Bersama Rakyat (Sekber), Mixil Mina Munir, mendesak agar KPU DKI Jakarta berani menindak tegas dugaan praktik politik uang dalam setiap kampanye yang dilakukan oleh pasangan Agus - Sylvi, yaitu akan memberikan Rp1 miliar per RW di Jakarta jika menang dalam Pilkada 2017.

Komjen Dharma Pongrekun Konsultasi Syarat Cagub Perseorangan ke KPU DKI

"Ketua Bawaslu DKI Jakarta, Mimah Susanti juga telah mengatakan ada dugaan politik uang dalam kampanye pasangan Agus - Sylvi, yakni janji 1 miliar per RW. KPU harus berani menindaklanjuti itu," kata Mixil saat ditemui di bilangan Jakarta Pusat, Selasa, 6 Desember 2016.

Ia mengatakan, KPU DKI Jakarta memiliki kewenangan untuk memproses pelanggaran yang telah disebutkan oleh Bawaslu DKI. Dengan demikian, ia berharap KPU DKI dapat bergerak cepat untuk menindaklanjuti pelanggaran tersebut.

PDIP Terbuka untuk Siapa Saja yang Mau Maju Pilkada Jakarta 2024

"KPU DKI tidak bisa menyederhanakan persoalan ini, karena ini merupakan pelanggaran UU Pilkada No.10 Tahun 2016, Pasal 73 ayat 1 dan ayat 2, unsur pelanggarannya dianggap sudah terpenuhi. Dan Pasal 2 jelas, pelanggaran administrasi itu sanksinya adalah pembatalan pasangan calon," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, pasangan Agus - Sylvi dalam kampanye menyapa warga DKI Jakarta telah menyampaikan sejumlah program kerjanya. Di antaranya menjanjikan bantuan dana sebesar Rp1 miliar yang diperuntukkan bagi kegiatan di masing-masing Rukun Warga dengan dalih untuk mengembangkan komunitas yang bermukim di tiap RW di Jakarta. (ase)

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad

Gerindra Siapkan Kader Internal yang Potensial Menang di Pilkada Jakarta

Gerindra masih merahasiakan kader yang akan diusung untuk Pilkada Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024