Plt Gubernur DKI: Tak Ada Titipan Anggaran DPRD

Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Soni Sumarsono
Sumber :
  • Raudhatul Zannah - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono menegaskan, bahwa tidak ada titipan anggaran pada pembahasan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2017. 

Teken KUA-PPAS APBD DKI 2022 Rp84,88 Triliun, Anies: Naik 6,25 Persen

Soni sapaan akrab Sumarsono mengatakan, APBD merupakan hasil kesepakatan bersama-sama antara legislatif dan eksekutif. Ia menambahkan, setiap pembahasan anggaran sangat mungkin diubah karena menyesuaikan kebutuhan. 

"Ini lah namanya pembahasan bersama. Itulah pemerintahan daerah. Sehingga istilah titipan tidak ada, adanya kesamaan bersama," kata Soni usai rapat paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin, 5 Desember 2016. 

Eks Plt Gubernur DKI Ingin Didik Disabilitas Jadi Birokrat Andal

Soni menuturkan, perubahan anggaran sangat dimungkinkan terjadi sebelum disahkan dalam bentuk peraturan daerah. Hal ini untuk membantah, terkait adanya anggapan bahwa dirinya telah merombak anggaran yang telah disusun oleh Gubernur nonaktif Basuki Tjahaja Purnama sebelumnya. 

"Kemudian yang kedua APBD tidak diobrak-abrik. Bahasanya harus diluruskan, APBD tidak diobrak-abrik tapi dilakukan penyesuaian," kata dia. 

APBD DKI 2021 Disahkan, Totalnya Rp84,19 Triliun

Dalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) tahun 2017, pemerintah provinsi DKI Jakarta merencanakan anggaran sebesar Rp 70,28 triliun untuk mengoptimalkan kebutuhan yang di ibu kota selama satu tahu. Anggaran ini meningkat 4,65 persen dari tahun sebelumnya sebesar Rp 67,16 triliun. 

(mus)
 

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi.

Ketua DPRD Singgung TGUPP Anies Baswedan yang Jadi Lawyer

Dia mempertanyakan apakah anggota TGUPP bisa menjadi lawyer di luar. Mengingat gaji para anggota TGUPP adalah berasal dari APBD DKI.

img_title
VIVA.co.id
25 November 2021