Ada Parade di HI, Ini Pengalihan Lalu Lintasnya

Ilustrasi pengalihan arus lalu lintas.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melakukan pengalihan arus di sekitar kawasan Monas hingga Harmoni, Jakarta Pusat, Minggu pagi, 4 Desember 2016. Pengalihan dilakukan terkait adanya Parade Bhinneka Tunggal Ika yang disebut 'Aksi Kita Indonesia'.

Ada Parade MotoGP, Jalan MH Thamrin Akan Ditutup Besok

Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum (Bin Gakkum) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Budiyanto, mengatakan pengalihan arus ini dilakukan untuk memastikan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas saat acara tersebut berlangsung.

Sebab, kata Budiyanto, diperkirakan nantinya parade tersebut akan diikuti oleh ratusan ribu peserta. Selain itu, waktu kegiatan ini juga bersamaan dengan Car Free day (CFD).

Parade MotoGP di Jakarta, Polda Metro Siapkan Pengamanan Maksimal

"Karena perkiraan massa yang mengikuti cukup banyak, lokasi CFD akan diperpanjang sampai ke Harmoni," kata Budiyanto dalam keterangannya, hari ini.

Parade yang disebut 'Aksi Kita Indonesia' 4 Desember sendiri akan dimulai pukul 08.00 WIB. Acara diperkirakan bubar pukul 11.00 WIB, bertepatan dengan berakhirnya waktu CFD.

Viral Parade Motor Knalpot Corong Besar Bikin Berisik

Berikut rute pengalihan arus lalu lintas terkait adanya Parade Bhinneka Tunggal Ika:

1. Arus lalu lintas dari Gajah Mada dialihkan ke Jalan Juanda-Pasar Baru-Gunung Sahari atau ke arah Lapangan Banteng-Merdeka Timur-Tugu Tani dan seterusnya.

2. Arus dari Blok M dialihkan ke Asia Afrika-Palmerah atau Jalan Graha Pemuda dan seterusnya atau Jalan Trunojoyo-Mampang dan seterusnya atau Senopati-Tendean-Rasuna Said dan seterusnya.

3. Arus dari Tugu Tani dialihakan ke Jalan Merdeka Timur-Jalan Perwira-Pasar Baru dan seterusnya.

4. Arus dari Tanah abang dialihkan ke Jalan Abdul Muis-Majapahit-Harmoni dan seterusnya.

(ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya