TUTUP
TUTUP
METRO

Demo Buruh Mulai Berbaur dengan Aksi Damai 212

Mereka menuntut soal upah minimum provinsi.
Demo Buruh Mulai Berbaur dengan Aksi Damai 212
Massa buruh berbaur dengan Aksi massa 212 (VIVA.co.id/Ade Alfath)

VIVA.co.id – Massa buruh hingga ratusan orang mulai berdatangan ke Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat 2 Desember 2016. Mereka mulai berbaur dengan massa aksi damai 212 yang berjalan menuju Monas sebagai pusat aksi. Massa buruh berencana menggelar unjuk rasa di depan Balai Kota, kantor gubernur DKI Jakarta.

Pantauan VIVA.co.id di lapangan, massa buruh terdiri atas Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia dan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia. Buruh mulai berorasi di mobil komando, seraya mengucapkan selamat datang kepada peserta aksi damai 212.

"Selamat datang kawan-kawan dari Palembang, Ciamis. Hari ini buruh juga melakukan aksi dan mendukung penuh aksi damai 212," kata Heri, orator buruh FSPMI.

Apabila massa aksi bela Islam jilid III menggelar aksi damai dan berzikir di Monas, massa buruh menyuarakan tuntutan terkait upah minimum provinsi.

Heri mengatakan, pihak buruh mengusung dua tuntutan. Pertama, pencabutan PP 78/2015 dan naikkan upah minimum 15 hingga 20 persen.

"Sebagai bentuk penghormatan terhadap aksi damai 212, kami akan melakukan orasi ke Istana Negara setelah salat Jumat," kata dia.

Di sisi lain, massa aksi damai 212 terlihat sudah memenuhi Monas dan mulai tumpah ruah ke Jalan Medan Merdeka Selatan dan Medan Merdeka Utara. Massa didominasi peserta dengan pakaian dan peci putih.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP