TUTUP
TUTUP
METRO

Begini Cara Jaksa Tanyai Ahok Selama Satu Jam di Kejagung

Berkas kasus penistaan agama oleh Ahok kini di tangan kejaksaan.
Begini Cara Jaksa Tanyai Ahok Selama Satu Jam di Kejagung
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memberikan keterangan di Kejaksaan Agung, Jakarta (REUTERS/Iqro Rinaldi)

VIVA.co.id – Tersangka kasus dugaan penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, sudah memenuhi panggilan Kejaksaan Agung untuk melengkapi pelimpahan kasus dari penyidik kepolisian ke kejaksaan. Lebih dari satu jam Ahok berada di dalam Gedung Kejagung, Jakarta Selatan, Kamis, 1 Desember 2016.

Menurut kuasa hukum Ahok, Sirra Prayuna, ada beberapa proses penting yang dilakukan kliennya itu selama pelimpahan kasus itu di Kejagung.

Selama pelimpahan, pihak kejaksaan melakukan verifikasi kecocokan berkas, tersangka dan barang bukti yang ada.

"Memastikan dengan cara verifikasi secara faktual, baik itu dari diri tersangka, maupun berkas perkara berupa barang bukti apa saja yang telah disampaikan penyidik ke penuntut umum," kata Sirra.

Sirra menuturkan, selama verifikasi faktual berlangsung, sebagian besar aktivitas dilakukan dengan disertai tanya jawab untuk memastikan identitas lengkap tersangka apakah sudah sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau tidak.

"Dan yang kedua untuk memastikan apakah tersangka ini diajukan ke penuntut umum terkait dalam dugaan tindak pidana apa dan itu harus dijawab. Tadi Pak Basuki Tjahaja Purnama menjawab dengan baik, bahwa adanya laporan terkait dugaan penistaan agama sebagaimana diatur dalam Pasal 156 dan 156a," ujar Sirra.

Selain itu, menurut Sirra, kejaksaan juga menanyakan apakah Ahok sebelumnya juga pernah tersangkut tindak pidana? "Tentu itu dijawab dengan tidak," katanya.

Ahok juga ditanyakan terkait berkas kasus yang dia tandatangani itu, apakah benar ditandatangani sendiri atau tidak. "Itu dinyatakan benar," ucap Sirra.

 

(ren)
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP