TUTUP
TUTUP
METRO

Ini Rute Menuju Monas Saat Doa Bersama 2 Desember

"Atau mau pulang lagi ke Pasar Tanah Abang"
Ini Rute Menuju Monas Saat Doa Bersama 2 Desember
Ribuan orang memadati area Masjid Istiqlal usai melaksanakan salat Jumat dan bersiap memulai aksi 4 November di Jakarta, Jumat (4/11/2016).  (ANTARA/Paramayuda)

VIVA.co.id – Kepolisian telah menyiapkan rute dan rekayasa arus lalu lintas untuk masyarakat yang akan ikut doa bersama ribuan umat Muslim di Silang Monumen Nasional, Jumat 2 Desember 2016.

Menurut  Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol Boy Rafli Amar, ada sejumlah ruas jalan yang ditutup saat doa bersama berlangsung. Penutupan diperkirakan berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

"Pengaturan arus lalu lintas yang jelas akan ada penutupan arus menuju Merdeka Barat demikian juga penutupan arus yang melintas di Merdeka Utara," kata Irjen Pol Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 30 November 2016.

Boy mengatakan, bagi masyarakat yang datang dari wilayah selatan menuju utara sampai Patung Kuda, akan belok ke kanan Merdeka Selatan.

"Jadi mereka yang dari selatan akan turun di balaikota, kendaraan akan diatur sedemikian rupa," ujarnya.

Kemudian, menurut Boy, untuk kendaraan yang akan datang melalui Tomang nanti bisa mengambil Jalur Veteran, terus melalui Pasar Baru, belok kanan dan langsung menuju ke Lapangan Banteng.

"Dan bisa (langsung parkir) di Lapangan Banteng, dan di sana turut berjalan kaki menuju Monas," katanya.

Sedangkan, untuk perlintasan di Merdeka Timur bisa menggunakan Jalan Budi Kemuliaan atau langsung ke utara bisa melalui Jalan Abdul Muis "Atau mau pulang lagi ke Pasar Tanah Abang, bisa pulang lagi melalui Casablanca," ujarnya.

Selanjutnya, bagi masyarakat yang hendak datang dari Tugu Tani, Cempaka Putih, Senin, dan dari Jalan Cikini Raya akan di drop atau diturunkan di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Nantinya, kata Boy, ada tiga pintu Monas yang akan dibuka pada acara doa dan Salat Jumat bersama di antaranya, pintu Monas Barat, pintu Monas di belakang Stasiun Gambir, serta pintu Monas Utara yang bisa tembus ke Masjid Istiqlal.

"Ada 3 pintu di Silang Monas akan dibuka. Sementara satu pintu Monas depan Istana Merdeka tidak tidak difungsikan," katanya.

Boy mengatakan, jajaran kepolisian juga akan menyiapkan kantong-kantong parkir kendaraan bagi para umat Muslim yang akan melakukan gelar dan doa bersama di Silang Monas itu. Kantong parkir yang disediakan yaitu di Masjid Istiqlal, lapangan Banteng dan Pekan Raya Jakarta Kemayoran.

"Terutama bagi mereka yang rombongan naik bus, bus itu akan diparkir di lapangan Banteng dan Kemayoran," katanya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP