TUTUP
TUTUP
METRO

Tanggulangi Banjir, Agus Yudhoyono Susuri Kali Ciliwung

Agus bersama relawan menyusuri kali sepanjang 10 Kilometer.
Tanggulangi Banjir, Agus Yudhoyono Susuri Kali Ciliwung
Calon Gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono (VIVA.co.id / Eduward Ambarita)

VIVA.co.id – Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono mengawali kampanyenya dengan menyusuri Kali Ciliwung. Agus bersama rombongan tim kampanye menggunakan kapal LCR (Landing Craft Rubber) dan memulai perjalanannya dari kali yang berada di Jalan Kemuning Dalam 4 RT 11/ RW 06, Pejaten Timur, Jakarta Selatan.

Pantauan VIVA.co,id, Agus didampingi istrinya Annisa Pohan serta Wishnu Wardhana yang merupakan manajer kampanye pasangan nomor urut satu ini, rencananya akan menysuri kali ciliwung sepanjang 10 kilometer. Menyusuri sungai ini dilakukan untuk melihat kondisi dan penanganan masalah banjir.

Salah satu komunitas yang ikut dalam kegiatan ini, yakni Gerakan Masyarakat Ciliwung Bersih atau bisa disebut Gema Bersuci mengatakan, kesadaran masyarakat perlu ditingkatkan untuk menjaga kali Ciliwung ini tetap bersih.

Meski pemerintah telah berkontribusi membersihkan sepanjang 129 kilometer ini, namun ada beberapa hal yang sangat disayangkan dengan dibangunnya betonisasi yang terlihat di sejumlah titik kali.

"Betonisasi pada titik tertentu yang rawan akan longsor itu bagus. Tapi kalau semua dibeton akan rusak ekosistemnya yang ada di sungai," kata Hidayat Ramdani yang merupakan relawan Gema Bersih saat ditanya di sepanjangan Kali Ciliwung, Rabu, 30 November 2016.

Hidayat pun menambahkan, kepada calon Gubernur yang akan terpilih nanti, untuk tidak menggusur warga yang tinggal sudah lama di kawasan bantaran sisi kali Ciliwung.

"Kalau harus relokasi tidak jauh dari tempat dia. Memang (warga) melanggar garis sepadan sungai. Tetapi kalau dipindahkan akan mengubah adat istiadat, kebiasaan dan mata pencarian yang sangat tergantung di daerahnya," kata dia.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP