Yenny Wahid: Tak Ada Negara Seunik Indonesia

Yenny Wahid berorasi di acara Nusantara Bersatu
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Danar Dono

VIVA.co.id – Yenny Wahid, putri mantan Presiden RI Abdurrahman Wahid, turut  memberikan orasi kebangsaan dalam Apel Nasional Nusantara Bersatu, di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu, 30 November 2016. 

Religious Leaders, Community Play Significant Role to World Peace

Dalam orasinya, Yenny menegaskan, Indonesia merupakan negara yang terdiri dari kultur dan budaya berbeda. Indonesia, menurutnya, harus dapat menjadi contoh bahwa perbedaan dapat tetap bergerak beriringan bersama.

"Di sini orang bebas sekolah, di Afghanistan mereka mau sekolah malah menjadi korban perang. Di sini kita berbangga dengan berbeda tapi disatukan semangat Bhinneka, tidak ada negara seunik Indonesia," ujar Yenny. 

President Jokowi Talks about Pancasila at Georgetown University

Yenny menekankan pentingnya persatuan dalam mewujudkan Kebhinnekaan Indonesia. Dia berpesan kepada seluruh generasi muda untuk menjauhi saling menghujat mengatasnamakan perbedaan.

"Kami melihat ruang publik diisi dengan hujatan dan makian, ini hanya akan longgarkan ikatan persaudaraan. Kita wajib menjunjung persatuan dan persaudaraan," ujarnya menambahkan.

UN Secretary General Praises Bhinneka Tunggal Ika as Indonesian Motto

Generasi muda, kata Yenny, harus dapat menjaga kerukunan dalam perbedaan untuk persatuan. Untuk itu, harus diawali dengan niat suci kebhinnekaan dan dimulai dari generasi muda.

"Kerukunan harus dijaga. Diawali dengan niat. Dalam persatuan ada kemenangan. Tanpa persatuan, mimpi indah Indonesia tak akan pernah tercapai.”

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya