TUTUP
TUTUP
METRO

3 WNA Asal Peru Dibekuk di Soetta saat Akan Pulang

Mereka mencuri koper milik WN Arab Saudi.
3 WNA Asal Peru Dibekuk di Soetta saat Akan Pulang
Tiga WN Peru ditahan di Polresta Bandara Soetta (VIVA.co.id/Anissa Maulida)

VIVA.co.id –  Tiga warga negara Peru, nekat melakukan pencurian koper milik penumpang lain, yakni Alsayagh Ibrahim Bagar seorang warga negara Arab Saudi di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta (Soetta).

Uang tunai ratusan juta rupiah dalam bentuk berbagai mata uang asing dan Dinnar, raib dibawa ketiganya selama melancong di Indonesia.

Ketiga pelaku, yakni AAMP (52), JPRG (49) dan FBCA (48) nekat melakukan aksinya pada Selasa, 1 November lalu.

"Korban melaporkan kepada kami, kalau kopernya dicuri sekitar pukul 15.55 WIB di Terminal 2 pada hari itu," ujar Kasubag Humas Polresta Bandara Soetta, AKP Sutrisna, Selasa 29 November 2016.

Saat itu, korban melaporkan bila dalam koper tersebut dia menyimpan uang tunai ratusan juta Rupiah dalam bentuk berbagai mata uang asing, seperti US$2.700, 8 ribu Real, 490 Lari, serta 1 Dinar.

Mendapat laporan tersebut, petugas polisi langsung mengecek di Terminal 2 beserta rekaman CCTV. Barulah pada satu minggu kemudian atau pada Senin, 7 November 2016, ketiga pelaku dapat diamankan di Terminal 2 Bandara Soetta.

"Ketiganya diamankan pada saat akan kembali ke negara asalnya," ujar Sutrisna.

Dari keterangan awal pelaku, ketiganya bekerja sama dalam mengalihkan perhatian korbannya. Yakni dengan cara memberitahukan bila ada noda di bajunya, lalu pada saat korban menuju toilet untuk membersihkan diri, pelaku dengan leluasa melancarkan aksinya untuk melakukan pencurian.

"Saat kembali dari toilet, baru korban sadar kopernya hilang. Sedangkan ketiga pelaku, sudah melarikan diri," kata Sutrisna.

Dari tangan pelaku, polisi mengamankan barang bukti uang tunai, serta beberapa barang mewah yang diduga milik korban. Seperti 27 lembar uang pecahan US$100, kemeja putih, beberapa topi, koper merk Dilixi, serta jam tangan seharga puluhan juta.

Ketiga WN Peru itu batal kembali ke negara asalnya dan kini mendekam di jeruji besi Polresta Bandara Soetta untuk mempertanggungjawabkan aksinya. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP