TUTUP
TUTUP
METRO

Sandiaga Uno Tiru Risma Urus Tempat Hiburan Malam

"Tempat-tempat itu hadir karena tidak ada alternatif mata pencaharian"
Sandiaga Uno Tiru Risma Urus Tempat Hiburan Malam
Sandiaga Uno (VIVA.co.id/M Ali Wafa)

VIVA.co.id – Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno berjanji akan memperbanyak lapangan pekerjaan di bidang kuliner, pariwisata, dan kerajinan untuk mengurangi banyaknya tempat hiburan malam di DKI Jakarta, bila terpilih memimpin ibu kota nanti.

Menurut Sandi, menjamurnya tempat hiburan malam, lantaran tidak adanya alternatif pekerjaan lain, sehingga memaksa warga untuk bekerja di tempat-tempat tersebut.

"Tempat-tempat itu tuh hadir, karena tidak ada alternatif mata pencaharian lain buat mereka. Tetapi, kalau kita ciptakan lapangan kerja, kita ciptakan sebuah sentra-sentra, jadi sentra kuliner, pariwisata, kerajinan, itu akan tumbuh dan berkembang. Jadi, pasar-pasar tradisional, tematik, pasar yang sudah dijalankan sekarang itu perlu diperbanyak," katanya di Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa 29 November 2016.

Sandi percaya apabila hal itu dilakukan, maka akan banyak pekerja di tempat hiburan malam beralih pekerjaan. Sandi mengaku akan mencontoh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini yang melakukan hal tersebut.

"Dengan begitu, akan dengan pelan-pelan bermigrasi profesi daripada warga dan tempat-tempat seperti hiburan malam itu. Kita melihat bagaimana kinerja baik dari ibu Risma di Surabaya itu layaknya bisa jadi inspirasi kita," kata dia.

Selain menciptakan lapangan pekerjaan, nantinya Sandi juga akan memberikan pelatihan bagi mereka yang pindah kerja dari tempat hiburan malam. Pihaknya pun akan melakukan pendampingan pada mereka.

"Kita tata, kita berikan pelatihan yang berpotensi untuk jadi pengusaha, kita bisa memberikan. Mungkin, mereka ada yang punya potensi di masalah kecantikan, salon-salon, bikin alis, kan sekarang lagi tren banget. Itu ya mereka bisa berkarya, dikasih modal, dikasih pendampingan, malah mereka jadi ajang penciptaan lapangan kerja," ujarnya melanjutkan.

Sandi menegaskan, akan menindak tegas tempat hiburan malam yang bermasalah seperti rawan peredaran narkoba dan tindak kejahatan, apabila nanti terpilih memimpin ibu kota. Ia tidak segan-segan untuk memberikan sanksi keras pada tempat hiburan malam yang memang terbukti melakukan pelanggaran berat.

“Kami tentunya akan komit, saya tegas, saya punya track record dalam membangun institusi yang secara tegas kalau memang ada di luar koridor hukum, melanggar koridor hukum, tentunya harus kita perhatikan," ucap Sandi. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP