TUTUP
TUTUP
METRO

Demo 2 Desember, Sekitar 100 Ribu Buruh Akan Turun ke Jalan

Buruh akan long march ke Istana.
Demo 2 Desember, Sekitar 100 Ribu Buruh Akan Turun ke Jalan
Ketua KSPI Said Iqbal (pakai batik) saat konferensi pers soal demo buruh (VIVA.co.id/ Foe Peace Simbolon)

VIVA.co.id – Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, sekitar 100 ribu buruh dari Jabodetabek, Karawang dan Purwakarta akan turun ke jalan pada 2 Desember 2016.

"Data terakhir baru 50 ribuan orang (yang daftar ikut)," ujarnya di Hotel Mega Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa, 29 November 2016.

Buruh tetap akan turun ke jalan meski pada hari yang sama, Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) juga melakukan aksi damai.

Said memastikan, para buruh juga tetap melakukan orasi di Istana Negara. Sebelum itu, mereka akan terlebih dulu melakukan long march dari titik kumpul mereka. "Aksi nanti di depan Istana Kepresidenan dengan titik kumpul jam 10.00 WIB di Balai Kota dan Patung Kuda," ujarnya.

Aksi serupa tidak hanya dilakukan di Jakarta. Aksi tersebut juga digelar di 19 provinsi lain, seperti Banten, Surabaya, Medan, Aceh, Batam, Lampung, hingga Papua.

Sebelumnya, Said mengatakan, persoalan utama aksi buruh adalah menyuarakan agar PP 78/2015 tentang Pengupahan dicabut. Saat ini KSPI sedang melakukan judicial review terhadap PP 78/2015 di Mahkamah Konstitusi.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP