Pilkada DKI Jakarta

Anies Mau Serap Lebih Banyak Anggaran untuk Banjir dan Macet

Calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Danar Dono

VIVA.co.id – Calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, berjanji akan mengoptimalkan penyerapan anggaran untuk menanggulangi banjir dan macet yang kerap terjadi di Jakarta. Anies menilai, penyerapan anggaran selama ini masih rendah sehingga menjadi salah satu kendala dalam mengatasi banjir dan kemacetan. Hal itu juga mengakibatkan masyarakat tidak mendapatkan hasil pembangunan tepat waktu.

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

"Caranya yakni salah satunya dengan mengembangkan kinerja dan tata kelola pemerintahan," kata Anies di Jakarta, Selasa, 29 November 2016.

Dua program terkait penanggulangan banjir dan macet nantinya dilakukan secara komprehensif dan berkesinambungan. "Selain memang dipengaruhi faktor-faktor lain, seperti perencanaan tidak komprehensif dan kebijakan yang tidak tepat guna," kata Anies.

Anies Baswedan Direstui Maju Pilkada Jakarta, Cak Imin: PKB Belum Membahas

Mantan Rektor Universitas Paramadina itu juga berjanji akan membangun sistem informasi terintregasi sejak perencanaan, penganggaran, realisasi, dan pelaporan yang merekam alur keuangan daerah secara real time.

"Kami juga akan membangun pemerintahan yang bersih, modern, dan melayani berbasis transparansi, akuntabilitas, serta keteladanan dengan mengoptimalkan pelibatan publik dan pemanfaatan teknologi," ujarnya.

Megawati Ajukan Diri Jadi Amicus Curiae, Anies Bilang "Situasinya Memang Amat Serius"

Pria kelahiran Kuningan, 7 Mei 1969 itu mengatakan, ada beberapa faktor penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI. Seperti keterlambatan pengesahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA), lambatnya penerbitan juklak dan juknis pelaksanaan kegiatan, dan kekhawatiran pejabat untuk mengeksekusi program yang telah dicanangkan.

"Sehingga dalam hal tersebut, masyarakat lah yang menjadi korbannya," kata Anies.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya