TUTUP
TUTUP
METRO
Pilkada DKI Jakarta

Anies Mau Serap Lebih Banyak Anggaran untuk Banjir dan Macet

Rendahnya penyerapan anggaran jadi kendala atasi banjir dan macet DKI
Anies Mau Serap Lebih Banyak Anggaran untuk Banjir dan Macet
Calon gubernur DKI Anies Baswedan (VIVA.co.id/ Danar Dono)

VIVA.co.id – Calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, berjanji akan mengoptimalkan penyerapan anggaran untuk menanggulangi banjir dan macet yang kerap terjadi di Jakarta. Anies menilai, penyerapan anggaran selama ini masih rendah sehingga menjadi salah satu kendala dalam mengatasi banjir dan kemacetan. Hal itu juga mengakibatkan masyarakat tidak mendapatkan hasil pembangunan tepat waktu.

"Caranya yakni salah satunya dengan mengembangkan kinerja dan tata kelola pemerintahan," kata Anies di Jakarta, Selasa, 29 November 2016.

Dua program terkait penanggulangan banjir dan macet nantinya dilakukan secara komprehensif dan berkesinambungan. "Selain memang dipengaruhi faktor-faktor lain, seperti perencanaan tidak komprehensif dan kebijakan yang tidak tepat guna," kata Anies.

Mantan Rektor Universitas Paramadina itu juga berjanji akan membangun sistem informasi terintregasi sejak perencanaan, penganggaran, realisasi, dan pelaporan yang merekam alur keuangan daerah secara real time.

"Kami juga akan membangun pemerintahan yang bersih, modern, dan melayani berbasis transparansi, akuntabilitas, serta keteladanan dengan mengoptimalkan pelibatan publik dan pemanfaatan teknologi," ujarnya.

Pria kelahiran Kuningan, 7 Mei 1969 itu mengatakan, ada beberapa faktor penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI. Seperti keterlambatan pengesahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA), lambatnya penerbitan juklak dan juknis pelaksanaan kegiatan, dan kekhawatiran pejabat untuk mengeksekusi program yang telah dicanangkan.

"Sehingga dalam hal tersebut, masyarakat lah yang menjadi korbannya," kata Anies.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP