TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
METRO

Kabareskim Harap Berkas Perkara Ahok Segera ke Pengadilan

"Maunya kita, ya lebih cepat lebih baik," kata Ari Dono.
Kabareskim Harap Berkas Perkara Ahok Segera ke Pengadilan
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjalani pemeriksaan sebagai tersangka penistaan agama, di Bareskim Polri. ( ANTARA FOTO/Reno Esnir)

VIVA.co.id – Mabes Polri berharap berkas perkara kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Basuki Tjahaja Purnama, alias Ahok segera rampung dan proses hukum selanjutnya di pengadilan bisa langsung berlanjut.

"Kami kan, kirim hari Jumat, ya kami minta dari Kejaksaan supaya cepat, kami bisa limpahkan supaya bisa bergulir dengan kegiatan-kegiatannya untuk ditindaklanjuti. Maunya kita, ya lebih cepat lebih baik," kata Kabareskrim Polri Komjen Pol Ari Dono di Mapolda Metro Jaya, Senin malam, 28 November 2016.

Mengenai proses selanjutnya usai berkas rampung, yaitu pada tahap dua, yang mana polisi akan melimpahkan tersangka dan barang bukti menjadi tanggung jawab penyidik.

"Urusan penyidik tanggung jawabnya kalau sudah P21, atau lengkap segera melimpahkan ke Kejaksaan, tentu kegiatan pilkada silakan kegiatan pilkada," katanya.

Saat ini, Kejaksaan masih memeriksa berkas perkara mantan Bupati Belitung Timur tersebut.

"Sudah ke Kejaksaan, ya masih dalam proses kita serahkan. Kejaksaan periksa, syarat materil formil lengkap, ya nanti kirim P21 dan kami bertanggung jawab untuk mengirim tersangka dan barang buktinya," kata dia lagi.

Ahok dilaporkan atas dugaan penistaan agama. Hal itu berkaitan dengan pernyataan dirinya yang menyitit soal Surat Al Maidah 51, saat melakukan kunjungan kerja di Kepulauan Seribu.

Masyarakat mendesak Polri memproses hukum Ahok dan Polri, agar melakukan gelar perkara terbuka beberapa waktu lalu. Dari hasil gelar perkara tersebut, Polri menetapkan Ahok sebagai tersangka dugaan penistaan agama. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP