TPA Galuga Diblokir Warga

Sampah Menumpuk di Kota Bogor

VIVAnews - Buntut pemblokiran Tempat Pembuangan Akhir (TPA)  Galuga di Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, oleh warga sekitar mulai terasa akibatnya. Tumpukan sampah sudah terlihat menggunung di tiap tempat sampat karena tidak diangkut untuk dibuang.

Puluhan ribu kubik sampah yang tidak terbuang juga terlihat menumpuk, baik yang tersimpan di dalam truk maupun di tanah di halaman belakang kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bogor .

"Sejak Selasa minggu lalu, akibat pemblokiran warga di TPA Galuga. Sampahnya tidak terbuang," ujar Ahmad, salah satu petugas pengangkut sampah yang ditemui di Kantor Lingkungan Hidup Kota Bogor, Selasa 25 Agustus 2009.

Tumpukan sampah yang berserakan juga membuat warga terganggu. Keluarga Budi salah satunya, dia merasa bau busuk dan lalat dari tempat sampah di dekat rumah mulai mengusik ketengan.

"Gimana tidak terganggu, ini sudah berlangsung lama, mana sekarang bulan puasa lagi," ujar Budi. Menurut Budi, sampah ini mencemari udara di sekitar rumah dan lingkungannya.

Tumpukan sampah juga terlihat di beberapa tempat sampah yang ada di pinggir jalan Kota Bogor, perumahan dan pasar-pasar. Bahkan karena tidak kunjung diangkut, sampah-sampah itu meluber dan berceceran ke jalan-jalan.

Menurut Kepala Bidang Kebersihan Kota Bogor, Dudi mengatakan, sampah yang mulai menumpuk di tempat sampah milik warga, akan dikirim ke Bantar Gebang, Bekasi.
 
Hal ini dilakukan hingga kesepakatan antara warga dengan Pemkab Bogor selesai.

Berikut Adalah Part Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Digunakan Mudik Lebaran

Setiap harinya sebanyak 1.552 kubik sampah dihasilkan Kota Bogor. Lokasi penghasil sampah terbanyak masih berada di tujuh pasar. Sampah tersebut diangkut ke TPA Galuga dengan perhitungan 194 kali angkut.

Laporan: Ayatullah Humaeni| Bogor

Misi Pemerintah Lewat Transformasi Digital Capai Target Pertumbuhan Ekonomi 5,2% di 2024
Kucing Okin Dikabarkan Mati

Nasib Tragis Kucing Okin: Dikabarkan Mati, Rachel Vennya Ungkap Fakta Mengejutkan!

Kucing Caracal bernama Nala dikabarkan telah mati, Kamis 28 Maret 2024. Kucing ini dipelihara oleh Okin atau dikenal sebagai Niko Al Hakim, mantan suami Rachel Vennya

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024