Unggul di Survei, Agus Masih Dibayangi Sosok SBY

Agus Harimurti Yudhoyono saat kampanye
Sumber :
  • Fikri Halim

VIVA.co.id – Hasil survei Poltracking Indonesia memposisikan elektabilitas Agus Harimurti Yudhoyono mengungguli petahana, Basuki T Purnama dan Anies Baswedan. Keunggulan, Agus masih belum lepas dari bayang-bayang ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono.

Kekuatan SBY dan Ancaman Anas-Moeldoko

"Ketika nama Agus Harimurti Yudhoyono ditanya apa yang terlintas dalam pikiran responden hasilnya, yang terlintas putra SBY sebanyak 19,20 persen, militer 18,60 persen dan ganteng 17,20 persen," kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yudha di kawasan Menteng, Jakarta, Minggu 27 November 2016.

Dengan jawaban responden, Hanta yakin publik masih menganggap figur SBY melekat kuat pada citra Agus. "Atau dengan kata lain, figur Agus sangat dipengaruhi SBY," ucapnya.

Kesal dengan PSI, Demokrat Minta Jangan Seret SBY

Hanta menambahkan, saat survei juga sempat ditanyakan apa yang terlintas di benak responden mengenai sosok Ahok, tegas 23,70 persen, kasar 22,90 persen dan petahana 8,80 persen. "Responden masih melihat kinerja Ahok saat masih menjabat," ucapnya.

Saat ditanya mengenai sosok Anies Baswedan, sebanyak 21,25 persen responden menyebut Mendikbud, 18,34 persen menyatakan santun dan 13, 42 persen menyatakan cerdas.

Demokrat Klaim Rakyat Rindu Keberhasilan Era SBY

"Meskipun sudah di reshuffle, ternyata figur Anies sebagai Mendikbud masih tertanam di benak publik," katanya.

Survei sendiri dilaksanakan pada 7-17 November 2016 dengan menggunakan metode multi-stage random sampling. Jumlah responden 1200 orang dengan margin of error kurang lebih 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya