METRO

94 Calon Anggota DPRD DKI Dilantik

Partai Demokrat menempatkan wakil terbanyak dengan 32 anggota.
Selasa, 25 Agustus 2009
Oleh : Pipiet Tri Noorastuti, Zaky Al-Yamani
Balai Kota Jakarta

VIVAnews - Sebanyak 94 calon anggota DPRD DKI Jakarta periode 2004-2014 akan dilantik sore ini di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Jumlah tersebut lebih banyak dari anggota periode sebelumnya yang hanya 75 orang.

Pengambilan sumpah akan disaksikan Menteri Dalam Negeri, Mardiyanto. Acara dijadwalkan berlangsung mulai pukul 15.30, Selasa 25 Agustus. 

Mereka terdiri dari Partai Demokrat 32 kursi, Partai Keadilan Sejahtera 18 kursi, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangn 11 kursi, Partai Golkar 7 kursi, Partai Persatuan Pembangunan 7 kursi, Partai Gerindra 6 kursi, PAN 4 kursi, Hanura 4 kursi, Partai Damai Sejahtera 4 orang dan Fraksi PKB 1 orang.

Kepala Bagian Humas Sekretaris Dewan, Zulkarnaen, mengatakan, komposisi ruangan yang mengalami perubahan lokasi adalah ruangan Fraksi Partai Demokrat. Dengan 32 perwakilan, Fraksi Partai Demokrat akan menempati ruang di lantai empat, yang sebelumnya ditempati Fraksi PDIP dan Fraksi Kebangkitan Reformasi.

Ruang Fraksi Partai Demokrat yang sebelumnya menempati lantai tiga akan diisi oleh ruangan Fraksi PDIP yang berjumlah 11 kursi dan Fraksi gabungan antara PKB, PDS, PAN dan Hanura juga di lantai tiga bersebelahan dengan ruangan PDIP. "Untuk lainnya masih tetap di ruangan yang sama," ujarnya.

Sementara jumlah fraksi yang akan terbentuk di dewan daerah ini belum dipastikan. "Mengenai jumlah fraksi kami belum tahu berapa jumlahnya, mungkin nanti setelah pelantikan baru diketahui semuanya," ujarnya.

Namun, Zulkarnaen memperkirakan, jumlah fraksi periode 2009-1014 bertambah satu menjadi delapan fraksi. Sesuai ketentuan, hanya partai yang mampu menempatkan kader lebih dari enam orang yang dapat membentuk fraksi sendiri.

Zulkarnaen mengatakan, masalah fraksi tidaklah mendesak. Sebab fraksi bukan merupakan kelengkapan dewan melainkan kepanjangan tangan dewan. Sedangkan untuk jumlah komisi masih sama, yakni 5 komisi yang terdiri dari Komisi A hingga E.

Sejak pagi tadi, belasan karangan bunga ucapan selamat telah menghiasi pelataran gedung DPRD DKI. Selain itu, dua kendaraan taktis milik lembaga kepolisian berupa satu  water cannon dan satu barracuda terparkir di halaman gedung. Sementara sejumlah aparat kepolisian masih berjaga-jaga di halaman gedung.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found