Siapa Netizen yang Foto Bareng Tito Karnavian

Foto yang menampilkan antara pegiat media sosial bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang dituding khusus pendukung Ahok, Jumat (25/11/2016)
Sumber :
  • VIVA.co.id/facebook

VIVA.co.id – Kepolisian Republik Indonesia membantah bahwa Kapolri Jenderal Tito Karnavian  secara khusus menemui pegiat media sosial (netizen) pendukung Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Viral Motor Matik Diisi Minyak Kayu Putih Campur Bensin, Ini Kata Pakar

"Itu fitnah ya," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Kombes Pol Rikwanto, Jumat, 25 November 2016.

Meski begitu, Rikhwanto tidak menampik memang ada pertemuan dengan para netizen baru-baru ini. Hal itu merupakan program yang digagas Humas Polri untuk membantu mendukung program sosialiasi Kepolisian.

Geger Seorang Remaja Alami Hal mengerikan Ini Gegara Ikut Challenge di Sosmed

Atau dengan kata lain, bahwa itu pertemuan umum dan tidak melihat itu pendukung siapa atau bukan. "Itu kumpulan netizen. Jadi Humas punya program, di periode tertentu netizen kami kumpulkan untuk berkomunikasi. Kita butuh keaktifan mereka untuk men-share mengenai Kepolisian. Jadi silih berganti yang kita undang," kata Rikhwanto.

Karena itu, berkaitan dengan foto yang baru-baru ini tersebar di jejaring sosial yang menampilkan sejumlah figur yang selama ini menjadi pendukung Ahok, tak lebih sebagai kebetulan. Sebab saat pertemuan dengan para netizen, kala itu memang sedang hadir Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Siap-siap Kesal Baca Berita tentang Model Ini

"Semua gambar kan bisa dibuat macam-macam di bawahnya. Jangan terlalu percaya. Itu netizen-netizen," kata Rikhwanto.

Di jejaring sosial Facebook baru-baru ini memang beredar sebuah foto Kapolri dengan sejumlah orang. Foto itu diunggah oleh salah satu akun facebook bernama Faizal Muhammad Tonong pada Jumat, 25 November 2016.

Foto itu pun dikaitkan dengan sejumlah orang yang menjadi pendukung Ahok di media sosial. Tak ayal foto itu pun jadi viral dan menjadi gunjingan.

Andrew Darwis, pendiri Kaskus Indonesia tak membantah adanya pertemuan dengan Tito Karnavian tersebut. Namun ia memastikan jika pertemuan itu berkaitan dengan rencana Kepolisian untuk meredam informasi hoax di media sosial.

"Inti pertemuan sih cuma supaya kita ini, yang bergerak di bidang medsos, bisa mengedukasi bahayanya hoax. Kalau soal Ahok sih tidak ada. Tapi hoax juga kan terkait calon pilgub dan presiden, banyak juga," kata Andrew. (Baca: )

Di bagian lain, setelah beredarnya foto netizen dan Tito Karnavian itu dan dikaitkan dengan tim pendukung Ahok. Di linimassa twitter, Teman Ahok @temanAhok juga telah membantah bahwa apa yang ditudingkan kepada mereka tidak benar.

Akun komunitas pendukung Ahok ini pun mencuitkan bantahannya dengan mengunggah lagi foto serupa dan berharap publik bisa mencerna gambar tersebut.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya