TUTUP
TUTUP
METRO

Ini Simulasi Penanganan Kerusuhan di Jakarta

Simulasi digelar di Kelapa Gading, Jakarta Utara.
Ini Simulasi Penanganan Kerusuhan di Jakarta
Simulasi penanganan kerusuhan di Jakarta Utara. (Danar Dono - VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Aparat keamanan menggelar apel besar kesiapan pasukan untuk menangani jika terjadi kondisi tak menentu di wilayah Jakarta Utara. Apel besar diikuti petugas kepolisian, prajurit TNI, Satpol PP dan petugas pemadam kebakaran.

Simulasi kesiapan pasukan itu, digelar dengan menciptakan situasi seperti sedang terjadi sebuah kerusuhan besar sebenarnya alias asli, simulasi di lakukan di sekitar pertokoan Kelapa Gading.

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id, simulasi dimulai dengan diawali aksi penyerangan massa ke petugas kepolisian dan Satpol PP, saat itu petugas terlebih dahulu bertahan dan memberikan tembakan peringatan dan gas air mata. 

Saat massa mulai berbuat anarki dengan membakar dan menghancurkan bangunan yang diumpamakan sebagai pertokoan, petugas keamanan gabungan mulai bertindak dan mengamankan pelaku kerusuhan.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Awal Chairuddin mengatakan, kesiapan pasukan di wilayah Jakarta Utara telah disiapkan sempurna untuk mengantisipasi aksi anarkis yang berpotensi terjadi di Jakarta Utara.

"Di wilayah Jakarta Utara kita sudah siapkan 12 SSK Brimob, bersama gabungan Kodim dan Satpol PP, dan juga seluruh satuan terkait" ujar Awal di Kelapa Gading Jumat 25 November 2016.

Awal mengatakan, dalam pengamanan demo serta kerusuhan, kepolisian tidak akan menggunakan peluru tajam. Namun, untuk penindakan akan menggunakan peluru karet.

"SOP kita untuk peringatan ada 3 peluru hampa dan 17 peluru karet, magazine kedua dan ketiga berisi 20 peluru karet, tidak mematikan namun efektif untuk tindakan tegas terukur," ujarnya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP