TUTUP
TUTUP
METRO
Pilkada DKI 2017

Ternyata Ini Asal Usul Panggilan Ahok

"Ada orang Melayu pakai nama Ahok, dapat suara besar."
Ternyata Ini Asal Usul Panggilan Ahok
Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama. (ANTARA / Hafidz Mubarak A)

VIVA.co.id – Calon Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menceritakan bagaimana nama sapaan 'Ahok' memberi pengaruh dalam kehidupannya.

Menurut dia, nama Ahok adalah panggilan sehari-harinya di daerah asal Belitung Timur. Ketika menjadi Bupati, masyarakat Belitung Timur mengenalnya dengan nama Ahok, bukan Basuki.

"Jadi waktu itu ada wartawan yang mau nyari saya wawancara Bupati Belitung Timur namanya Basuki masyarakat tidak tahu, mereka tahunya Ahok," kata Ahok di Rumah Lembang, Jakarta, Kamis 24 November 2016.

Bahkan, Ahok sempat berkelakar, saat maju menjadi anggota dewan ketika Pemilu 2009, dia mendapatkan suara yang tidak begitu banyak karena tidak bisa mencantumkan nama Ahok di surat suara.

"Pilkada 2009 suara saya kecil, karena tidak pakai Ahok. Ada orang Melayu pakai nama Ahok, dapat suaranya besar, ketiban dia. Jadi bapak ibu tanggal 15 Februari (2017), jangan cari nama Ahok," ujarnya berkelakar.

Cerita itu diungkapkan Ahok ketika dia menerima alumni mahasiswa Geologi Trisakti angkatan tahun 1984, yang merupakan teman seangkatannya. Saat di kampus, dia tidak memakai nama Ahok, dan memakai nama asli Basuki. "Mereka ini manggil saya Mas Bas, tidak tahu mereka Ahok," kata dia. 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP