Ahok Janji Gratiskan Vaksinasi Kanker Rahim untuk Siswi SD

Ahok
Sumber :
  • VIVA.co.id/Danar Dono

VIVA.co.id – Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjanjikan akan menggratiskan vaksinasi kanker leher rahim atau serviks kepada anak-anak kelas 5 sekolah dasar.

Ahok Sebut Pertamina Bisa Tetap Untung Bila Tak Naikkan Harga BBM 2022

"Kami mulai susun supaya 75 ribu anak kelas 5 SD bisa vaksin," kata Ahok di Rumah Lembang, Jakarta Pusat, Senin, 21 November 2016.

Mengutip data World Health Organization (WHO), Ahok menyebutkan, sekitar 15 ribu warga Indonesia menderita kanker serviks dan 8.000 di antaranya meninggal dunia. Sementara di DKI Jakarta, ada 5.000 warga yang meninggal karena kanker serviks. 

Hasto dan Ahok Sampaikan Pesan Megawati untuk Politisi Muda

Menurut Ahok, salah satu faktor tingginya angka penderika kanker karena harga sekali vaksin yang sangat mahal, yakni mencapai Rp750 ribu. Harga itu sulit dijangkau oleh masyarakat kurang mampu.

"Ini bisa jadi karena harga vaksin kanker serviks yang mahal. Sekali vaksin bisa sampai Rp750 ribu. Enggak masuk akal bagi yang berpenghasilan Rp2 sampai Rp3 juta," ujarnya.

Perdarahan Usai Bercinta, Awas Gejala Kanker Mengintai

Pemberian vaksin gratis itu, kata Ahok, merupakan kerja sama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Kementerian Kesehatan. Vaksinasi mulai bisa dilakukan tahun depan. "Jadi anak sekolah sudah bisa divaksin dan tahun depannya ada vaksin lanjutan," katanya. (ase)

Ilustrasi Kanker

Ini Jenis Kanker yang Paling Bisa Dicegah dan Disembuhkan

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 2018, kanker serviks merupakan kasus dengan kematian yang tertinggi untuk Prevalensi Kanker pada wanita.

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022