Massa Parade Bhinneka Tunggal Ika Membubarkan Diri

Peserta parade Bhinneka Tunggal Ika sudah membubarkan diri.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bimo

VIVA.co.id – Usai menggelar parade Bhinneka Tunggal Ika di Patung Kuda hingga Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, sebagian orang dengan kostum merah putih terlihat langsung melakukan aksi simpatik dengan bergotong-royong mengumpulkan sampah yang berserakan di lokasi.

Peringati Maulid Nabi, Menag Yaqut Ungkap Persamaan Indonesia dan Kota Madinah

Sebelumnya, mereka melakukan festival Bhinneka Tunggal Ika yang melibatkan berbagai elemen masyarakat dari beragam agama. Kegiatan damai yang dilakukan mulai dari orasi, musik, doa bersama, hingga long march.

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id, Sabtu siang, 19 November 2016, sejumlah orang terlihat menenteng kantong plastik hitam besar sambil memungut sampah bekas botol minuman dan juga tempat makanan para peserta parade.

Ngeri, Sekjen PBB Peringatkan Dunia di Ambang Krisis, Perang, dan Perpecahan

Setelah terkumpul, sampah ini pun ditempatkan di beberapa titik untuk selanjutnya diangkut dengan mobil petugas kebersihan.

Saat ini, massa terpantau sudah membubarkan diri dan langsung menaiki bus berdasarkan rombongan masing-masing. Usai aksi, jalan raya langsung terlihat cukup bersih. Kondisi lalu lintas juga sudah berjalan normal. 

Cerita Ganjar Bhinneka Tunggal Ika Dipuji Dubes Ukraina

Seperti diketahui sebelumnya, ribuan orang yang tergabung dari seluruh elemen menyuarakan persatuan untuk Bangsa Indonesia,

"(Peserta) Hampir dari seluruh elemen masyarakat, baik Islam, Kristen, Hindu, Budha. Kita menghilangkan identitas, kita melebur jadi satu bangsa. Tidak ada spanduk organisasi, yayasan apapun," ujar salah seorang panitia parade Bhinneka Tunggal Ika, Umi Azalea kepada VIVA.co.id di Bundaran Patung Kuda. (ase)

Presiden Jokowi di Perayaan Natal Nasional 2023 di Surabaya

Presiden Jokowi: Capaian Pembangunan Harus Kita Rawat dan Jaga, Kita Lanjutkan

Presiden Jokowi mengingatkan kepada semua masyarakat Indonesia, agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan ditengah perbedaan pilihan dalam Pemillu 2024 yang akan digelar.

img_title
VIVA.co.id
28 Desember 2023