LSI: Pemilih PDIP yang Lebih Banyak Tinggalkan Ahok

Hasil survei LSI, Ahok pontensial kalah di Pilkada DKI 2017.
Sumber :
  • Anwar Sadat

VIVA.co.id - Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Ardian Sopa, menyebut pendukung pasangan calon cubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat, banyak hilang setelah Ahok ditetapkan tersangka.

Gerindra Tak Ngotot Usung Kader Sendiri di Pilgub Jakarta

Ardian menjelaskan, ada beberapa segmentasi pendukung Ahok-Djarot yang hilang karena Ahok tersangka. Di antaranya, segmentasi pemilih partai politik. Hal itu dari hasil poling survei yang dilakukan LSI dengan mengambil responden pemilih partai politik.

"Menariknya juga, yang meninggalkan Ahok dari pemilih partai politik. Jadi kita tanyakan kepada responden: ibu/bapak pilih partai mana. Misalnya, dia pilih PKB dan seterusnya (parpol lain). Kemudian kita tanya, untuk pilgub sekarang pilih siapa," kata Ardian di kantor LSI, Jakarta, pada Jumat, 18 November 2016.

Pilih Anies atau Sahroni di Pilgub DKI 2024, Begini Jawaban Tak Terduga Surya Paloh

Berdasarkan survei yang dirilis LSI itu, pemilih partai politik yang paling banyak meninggalkan pasangan Ahok-Djarot adalah pemilih Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Responden untuk pemilih partai politik itu juga banyak diambil dari pemilih PDIP.

Sebelum Ahok ditetapkan tersangka, kata Ardian, ada 59,50 persen pemilih PDIP mendukung Ahok-Djarot. Namun jika Ahok tersangka, dukungan itu turun menjadi 24,30 persen atau ada penurunan pendukung sebesar 29,20 persen.

PAN Jakarta Tak Masalah Kaesang Maju Pilgub DKI: Semua Punya Hak
Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Demokrat Herzaky Mahendra Putra.

Isu Kaesang Maju Pilgub DKI, Demokrat Masih Lihat-lihat

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep digadang-gadang maju sebagai bakal calon Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada Serentak 2024. Sejumlah partai.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024