Sulit Urus Surat Izin, Warga Malaysia Protes Ahok

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Rumah Lembang.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA.co.id – Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok diprotes seorang warga negara Malaysia terkait kepengurusan surat perizinan. Protes itu dilancarkan orang tersebut ketika Ahok menerima keluhan warga di Rumah Lembang, salah satu markas pemenangan Ahok-Djarot, Jumat, 18 November 2016.

Heru Budi Pastikan Pelayanan Publik Tetap Berjalan Optimal Usai Cuti Lebaran

Warga negara asing (WNA) yang tidak lancar berbahasa Indonesia itu mengatakan, birokrasi di Jakarta mirip seperti tahun 80-an di negeri Jiran. "Saya mengurus surat-surat di sini seperti tahun 80-an di negeri saya, susah sekali," katanya.

Menanggapi hal itu, Ahok mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mempunyai sistem perizinan terpadu satu pintu (PTSP). Sistem itu telah memangkas aturan birokrasi terkait kepengurusan surat-surat, menjadi lebih sederhana.

Pemprov DKI Tiadakan CFD Besok karena Masih Cuti Lebaran

Ahok menduga, WNA itu dipersulit oleh oknum lurah atau pegawai negeri sipil (PNS) yang mencoba mengambil keuntungan. "Ini saya kira ada oknum yang kelurahan yang mau meras," ujar Ahok.

Menurutnya, laporan seperti itu memang dibutuhkan untuk mengevaluasi bawahannya. Ketika aktif kembali menjadi gubernur, setelah masa kampanye usai, dia bisa memberhentikan yang bersangkutan.  "Bapak catat saja siapa orangnya, nanti kami pecat," kata Ahok. (ase)
 

Pemprov Jakarta Berangkatkan 12.170 Peserta dengan 279 Bus Mudik Gratis ke 19 Daerah
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Prasetyo Edi Marsudi.

Ketua DPRD Minta Pemprov DKI Perbaiki Kualitas APBD, Singgung Permukiman Kumuh

Ketua DPRD DKI menilai RKPD tahun 2025 tidak fokus.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024