Tim Ahok Tak Ajukan Praperadilan karena Polisi Profesional

Tim pemenangan calon gubenur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat, dalam konferensi pers di Jakarta pada Rabu, 16 November 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Danar Dono

VIVA.co.id - Tim pemenangan calon gubenur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat, memutuskan tidak menggugat praperadilan atas penetapan tersangka untuk Ahok. Tim menganggap polisi telah bekerja profesional dalam penyelidikan kasus dugaan penistaan agama oleh Ahok.

Golkar dan Gerindra Sepakat Rekomendasikan Ridwan Kamil untuk Pilkada DKI

"Karena kami memandang bahwa penyelidikan sudah dilakukan secara profesional, karena itu kami merasa apa yang dilakukan Bareskrim Polri tidak perlu digugat lagi," kata Aria Bima, anggota tim pemenangan Ahok-Djarot, dalam konferensi pers di Jakarta pada Rabu, 16 November 2016.

Tim pemenangan, kata Aria, tidak mengajukan gugatan praperadilan juga demi mempercepat proses hukum terhadap Ahok. "Kita ingin langsung ke pokok perkara sehingga bisa terbuka, transparan, jadi masyarakat bisa melihat sendiri," ujar politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.

Tahapan Pilkada Jakarta 2024: Pendaftaran Paslon Dibuka 27 Agustus

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Tim Pemenangan Ahok-Djarot, Ace Hasan, mengungkapkan alasan pokok partai koalisi (Partai Hanura, Partai Nasdem, Partai Golkar, dan PDIP) tetap solid mendukung calonnya. 

Pertama, Ahok menghormati segala proses hukum, termasuk penetapan tersangka. Ahok berkomitmen untuk bersikap kooperatif dengan polisi dalam proses hukum selanjutnya. "Beliau akan kooperatif; kerja sama. Setiap saat beliau siap diambil (ditahan) oleh Kepolisian," katanya.

Isu Kaesang Maju Pilgub DKI, Demokrat Masih Lihat-lihat

Seluruh simpatisan pendukung Ahok-Djarot, kata Ace, telah menyatakan komitmen untuk terus bekerja memenangkan calonnya dalam Pilkada Jakarta pada Februari 2017. "Bahkan tim pemenangan lebih semangat untuk menunjukkan Ahok-Djarot pasangan terbaik yang diinginkan oleh warga Jakarta."

Djarot Saiful Hidayat

PDIP Terbuka untuk Siapa Saja yang Mau Maju Pilkada Jakarta 2024

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Djarot Saiful Hidayat mengungkapkan partainya sedang menjaring bakal calon untuk diusung maju di Pilkada Jakarta 2024. Dia menyebut PDIP.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024