TUTUP
TUTUP
METRO
Pilkada DKI 2017

Ahok Klaim Habiskan Rp6 Miliar Tebus Ijazah Warga Miskin

Uang itu berasal dari dana operasional Gubernur DKI.
Ahok Klaim Habiskan Rp6 Miliar Tebus Ijazah Warga Miskin
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. (Rintan P/VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Calon Gubernur DKI Jakarta,  Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, mengklaim telah mengeluarkan uang sebanyak Rp6 miliar untuk membantu warga miskin Jakarta, yang meminta bantuan kepadanya supaya ijazah mereka bisa diambil dari lembaga pendidikan tempat mereka belajar.

"Ada orang miskin, sulit, mau kerja (karena ijazahnya belum diambil), saya bantu. Berapa tuh yang sudah saya keluarin? (Ahok bertanya kepada stafnya) Rp6 miliar," ujar Ahok di Rumah Lembang, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 16 November 2016.

Menurut Ahok, hal itu dilakukan saat dia masih jadi Gubernur DKI aktif, Ahok menggunakan Dana Operasional Gubernur untuk melakukan hal itu. Selaku Gubernur DKI, diatur Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 69 Tahun 2010 dan PP Nomor 109 Tahun 2000, Ahok berhak atas dana operasional yang besarannya disesuaikan dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) DKI.

Ahok mengatakan, hanya dirinya yang tidak menghabiskan dana itu. Ahok mengembalikan sisa dana operasional ke kas daerah setelah sebagian besar di antaranya ia gunakan untuk membantu warga.

Ahok menuturkan, hal berbeda dilakukan kepala daerah lain yang memiliki hak serupa. Meski tidak menyebut semua kepala daerah di Indonesia melakukan hal itu, menurut Ahok, ada oknum kepala daerah yang malah menggunakan dana operasional untuk kebutuhan pribadi.

"Kalau orang lain (dana operasional) dicuri, saya enggak, ditransfer (dikembalikan)," ujar Ahok.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP