TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
METRO

Siskamling Bakal Diaktifkan Lagi Jelang Pilkada

Siskamling redam munculnya gerakan radikal.
Siskamling Bakal Diaktifkan Lagi Jelang Pilkada
Plt Gubernur DKI, Sumarsono di Balai Kota Jakarta. (Raudhatul Zannah - VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Sumarsono mengungkapkan keinginannya untuk menghidupkan kembali Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling). Khususnya di beberapa wilayah-wilayah rawan di Jakarta. 

Menurut Soni, sapaan Sumarsono, sistem yang mengharuskan warga melakukan ronda malam di lingkungan rumahnya secara bergiliran, bisa dijadikan cara untuk meningkatkan keamanan di Jakarta menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017.

"Menjelang Pilkada dengan berbagai macam kerawanan, Siskamling dibutuhkan," ujar Soni di Balai Kota DKI, Senin, 14 November 2016.

Soni, yang menjadi kepala daerah di Jakarta selama 3,5 bulan, selama masa kampanye Pilkada DKI 2017 mengatakan, Siskamling juga bisa menjadi cara mengantisipasi munculnya gerakan radikal yang dikhawatirkan timbul di sejumlah wilayah.

"Siskamling untuk menciptakan Jakarta yang nyaman dan aman," ujar Soni.

Soni mengatakan, jika benar-benar dijalankan, Siskamling nantinya akan dilaksanakan setiap hari, tidak satu kali dalam satu pekan seperti dilaksanakan di beberapa wilayah Jakarta saat ini.

Menurut Soni, saat diterapkan, pelaksanaan Siskamling akan diawasi forum yang anggotanya lembaga pemerintah daerah, kepolisian, dan militer (Bintara Pembina Desa/Babinsa) setempat.

"Pelaksanaan Siskamling dipadukan dengan forum deteksi dini," ujar Soni yang juga menjabat Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP