TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
METRO

Survei: Pendukung Agus-Sylvi dan Anies-Sandi Bakal Bersatu

Terjadi bila Pilkada sampai dua putaran dan harus hadapi Ahok-Djarot.
Survei: Pendukung Agus-Sylvi dan Anies-Sandi Bakal Bersatu
Pengundian Nomor Urut Cagub-Cawagub untuk Pilkada DKI Jakarta. (Antara/Hafidz Mubarak)

VIVA.co.id – Pendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono - Sylviana Murni dan Anies Baswedan - Sandiaga Uno diperkirakan akan menyatukan dukungan. Ini bisa terjadi jika Pilkada DKI 2017 berlangsung dua putaran.

Demikian menurut survei dari lembaga Indokonsultama Research and Consulting (Indocon). Lembaga itu, lewat surveinya, membuat skenario jika Pilkada yang akan menentukan gubernur DKI periode 2017 - 2022 berlangsung dua putaran dan pada putaran pertama calon petahana lolos.

Direktur Eksekutif Indocon, Fajar Nursahid, mengatakan, berdasarkan survei yang dilakukan dengan sampel 575 responden yang mewakili enam wilayah DKI Jakarta, terungkap 70,2 persen pendukung Anies - Sandi akan mengalihkan dukungannya kepada Agus - Sylvi jika Anies - Sandi kalah pada putaran pertama.

Hal itu, membuat dukungan kepada Agus - Sylvi menjadi 'gemuk'. Dengan demikian, pasangan Basuki Tjahaja Purnama - Djarot Saiful Hidayat terancam kalah. Pendukung Anies - Sandi yang kemudian mengalihkan dukungan kepada pasangan petahana itu diprediksi hanya 12,1 persen.

"Meski pun sekarang ini petahana relatif unggul, boleh jadi akan menjadi mimpi buruk bagi petahana jika Pilkada berlangsung dua putaran karena bersatunya pendukung dua pasang kandidat," ujar Fajar dalam rilis survei di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu, 13 November 2016.

Jika skenario tersebut terjadi, dukungan terhadap Agus Sylvi diperkirakan menjadi 50,4 persen. Sementara Ahok - Djarot, 32,0 persen. Sementara 9,2 persen responden menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab dan 4,5 persen merahasiakan jawaban. Sebanyak 1,2 persen, menyatakan akan golput dan 2,6 persen menyatakan belum membuat keputusan.

Selain itu, Indocon juga membuat skenario bila pasangan Agus - Sylvi kalah di putaran pertama. Pada skenario itu, 91,9 persen dukungan diperkirakan beralih ke Anies - Sandi. Hal itu membuat dukungan untuk Ahok - Djarot menjadi 35,5 persen dan dukungan untuk Anies - Sandi menjadi 46,3 persen.

Sementara, jika Ahok - Djarot kalah di putaran pertama, Agus - Sylvi diperkirakan menjadi pemenang Pilkada. Dukungan terhadapnya di putaran kedua menjadi 40,3 persen, melawan Anies - Sandi yang mendapat dukungan 40,3 persen.

Responden sendiri dipilih secara acak (multi-stage random sampling), dengan tingkat kesalahan (margin of error) +/- 4,03 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Persepsi, mewakili pendapat masyarakat DKI Jakarta usia dewasa atau telah menikah/di atas 17 tahun.

 

(ren)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP